Show simple item record

dc.contributor.authorRizky Nurdi Esa
dc.date.accessioned2014-01-18T10:58:29Z
dc.date.available2014-01-18T10:58:29Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM070210191141
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17043
dc.description.abstractMatematika merupakan salah satu ilmu dasar yang memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga manusia dituntut untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional khususnya dibidang matematika. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui penyelenggaraan program wajib belajar 9 tahun. Salah satu faktor yang dapat mendukung terlaksananya program tersebut adalah penyusunan perangkat pembelajaran oleh tenaga pendidik yang kompeten demi tercapainya tujuan dari program yang dilaksanakan. Salah satu pendekatan yang dapat mendukung tujuan tersebut adalah Pendekatan pemecahan masalah merupakan salah satu cara guru untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran dengan diawali pengajuan masalah serta memberi kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, pengembangan perangkat pembelajaran matematika dilakukan sebagai upaya untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih baik dan hasil belajar siswa maksimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan metode inquiri dan menganalisis proses atau tahapan pengembangannya. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D yang diadaptasi menjadi 4-P. Model 4-P terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Penelitian hanya menjalankan proses pengembangan dari tahap pendefinisian hingga tahap pengembangan. Tahap pendefinisian dilakukan analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap perancangan dilakukan penyusunan tes, pemilihan media dan format pembelajaran, serta perancangan prototipe perangkat pembelajaran. Proses ini menghasilkan tiga RPP dan tiga LKS, buku siswa dan instrumen tes berupa soal essai yang disebut draf 1. Tahap pengembangan dilakukan penilaian yang dilakukan oleh empat validator yang terdiri dari dosen pendidikan matematika, dan guru mitra. Hasil penilaian dan validasi menunjukkan bahwa prototipe perangkat pembelajaran memiliki validitas yang sangat baik dengan rata-rata nilai validasi 4.08; 4.49; 4.19; dan 4.46 berturut-turut untuk RPP, LKS, buku siswa dan instrumen tes. Hasil tersebut digunakan untuk memperbaiki draf 1 dan hasilnya disebut sebagai draf 2. Draf 2, RPP dan LKS tetap menjadi 3 RPP dan 3 LKS, beberapa kalimat dalam perangkat pembelajaran diperbaiki dan perbaikan gambar pada perangkat. Uji coba dilakukan sebanyak empat kali pertemuan di SMPN 1 Bangsalsari Jember mulai 30 April 2012 hingga 9 Mei 2012. Pertemuan I hingga pertemuan III digunakan untuk menerapkan perangkat pembelajaran matematika (draf 2). Hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran menunjukkan pembelajaran berjalan dengan baik untuk setiap kegiatan pembelajaran. Hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 80,09%. Pertemuan IV digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa menggunakan intrumen tes hasil pengembangan. Hasilnya rata-rata nilai siswa mencapai 80,63 dengan 75 % siswa mendapat nilai ujian ≥ 70, serta penyebaran angket. Hasilnya 28 siswa merespon positif semua indikator dalam angket. Hasil uji coba digunakan untuk memperbaiki draf 2 dan hasilnya disebut sebagai draf 3. Revisi draf 2 dilakukan dengan memperbaiki kalimat dan kata-kata yang salah pada perangkat pembelajaran. Draf 3 merupakan produk perangkat pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pemecahan masalah dan metode inquiri untuk pokok bahasan jajargenjang dan belah ketupat. Berdasarkan hasil pada tahap pengembangan, produk perangkat pembelajaran matematika memenuhi kriteria pengembangan yang ditetapkan peneliti.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191141;
dc.subjectPengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika, Pendekatan Pemecahan Masalah, Metode Inquirien_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN METODE INQUIRI PADA POKOK BAHASAN JAJAR GENJANG DAN BELAH KETUPAT UNTUK SISWA KELAS VIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record