Show simple item record

dc.contributor.authorNOVITA TRISTIANA
dc.date.accessioned2014-01-18T10:26:05Z
dc.date.available2014-01-18T10:26:05Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM080210191033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17035
dc.description.abstractBelajar matematika memerlukan kesiapan intelektual dan kemampuan kognitif yang memadai, karena objek kajian matematika itu abstrak. Sifat abstrak objek matematika tersebut tetap ada pada matematika sekolah. Hal ini merupakan salah satu penyebab sulitnya seorang guru mengajarkan matematika sekolah. Melihat permasalahan tersebut maka diperlukan suatu strategi pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi matematika sekolah dan membantu siswa agar lebih mudah dalam menerima materi pelajaran matematika. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah strategi pembelajaran inkuiri. Strategi pembelajaran inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan (Sanjaya, 2011:196). Strategi pembelajaran inkuiri merupakan strategi pembelajaran yang menghubungkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata. Strategi ini mengajarkan siswa untuk memperoleh ide, cara berpikir, dan cara belajar aktif melalui tahapan-tahapan pada strategi pembelajaran inkuiri, yaitu merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, pengumpulan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah penerapan strategi pembelajaran inkuiri, menelaah aktivitas belajar dan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan strategi pembelajaran inkuiri pada pokok bahasan aritmatika sosial siswa kelas VII A semester ganjil di SMP Negeri 1 Kalibaru tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan rancangan penelitian yang digunakan adalah skema penelitian model Hopkins yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan tanggal 7 sampai 18 September 2012 dan subjek yang diteliti adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kalibaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Data hasil observasi dibedakan menurut aktivitas guru (peneliti), aktivitas siswa secara individu, dan aktivitas siswa dalam kelompok. Aktivitas guru (peneliti) mengalami peningkatan, yaitu 91,5% pada siklus I dan 98,5% pada siklus II. Aktivitas siswa secara individu mengalami peningkatan sebesar 9,59%. Aktivitas siswa dalam kelompok mengalami peningkatan sebesar 15,74%, dari siklus I ke siklus II. Pada tes akhir siklus I, 10 siswa yang belum tuntas dengan persentase ratarata 75,9%. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. Persentase rata-rata tes akhir siklus II adalah 90,5%, dengan 29 siswa tuntas belajar dan 2 siswa belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi pembelajaran inkuiri efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kalibaru pada pokok bahasan aritmatika sosial.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191033;
dc.subjectHasil Belajar Siswa, Strategi Pembelajaran Inkuirien_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII A SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1 KALIBARU TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record