ANALISIS KARAKTERISTIK BUTIR SOAL UJIAN NASIONAL BIDANG STUDI MATEMATIKA SMK KELOMPOK AKUNTANSI DAN PENJUALAN TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Ujian Nasional adalah salah satu alat evaluasi yang dikeluarkan
secara resmi oleh pemerintah. Salah satu fungsi dan tujuan Ujian Nasional
adalah sebagai alat penentu kelulusan peserta didik, maka Ujian Nasional
haruslah mampu memberikan informasi yang sesungguhnya tentang paraf
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkan pada suatu
jenjang pendidikan. Penyusunan alat–alat evaluasi (instrumen evaluasi)
merupakan hal yang sangat penting dalam evaluasi. Oleh sebab itu
semakin baik alat–alat evaluasi yang digunakan maka semakin tepat data
yang akan diperoleh. Untuk mengetahui kualitas soal maka harus diketahui
terlebih dahulu bagaimana karakteristik butir soal tersebut. Karakteristik
butir soal dapat dilihat dari tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran,
daya pembeda, dan efektifitas pilihan.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan ruang lingkup materi dan karakteristik butir soal yan
meliputi validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektifitas
pilihan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu
dengan menelaah butir soal yang ditinjau dari validitas, tingkat kesukaran,
daya pembeda dan efektifitas pilihan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka dapat
disimpulkan bahwa butir soal Ujian Nasional matematika SMK kelompok
akuntansi dan pemasaran tahun ajaran 2011/2012 secara umum telah
memenuhi kriteria soal yang baik jika ditinjau dari daya pembeda, dan
tingkat efektifitas. Kualitas soal UN matematika SMK kelompok
akuntansi dan penjualan 2011/2012 ditinjau dari validitas item masih
belum sepenuhnya memenuhi kriteria dikarenakan beberapa faktor
diantaranya ada materi yang belum diajarkan pada saat pelaksanaan
ujicoba soal dan faktor kesiapan dan kematangan dari siswa. Daya
pembeda (indeks diskriminasi) kelima paket soal UN matematika SMK
kelompok akuntansi dan penjualan tahun ajaran 2011/2012 dikatakan baik
daya pembeda untuk paket A18 rata-rata besar daya pembedanya adalah
0,38 dengan kategori sedang, paket B21 sebesar 0,42 dengan kategori
baik, paket C34 sebesar 0,37 dengan kategori sedang, paket D46 sebesar
0,37 dengan kategori sedang, paket E59 sebesar 0,42 dengan kategori baik.
Efektifitas pilihan sebagian besar dari setiap pilihan kelima paket soal UN
matematika SMK kelompok akuntansi dan pemasaran tahun ajaran
2011/2012 hanya terdapat beberapa item soal yang memiliki pilihan yang
tidak efektif. Sebagian besar dari setiap pilihan pada soal UN telah
memenuhi kriteria diantaranya untuk pilihan pengecoh jumlah pemilih
harus lebih 5% pengikut tes, pilihan kunci lebih dar 0,25 dan kurang dari
0,75 serta omit tik lebih dari 10%. Kualitas ke lima paket soal UN
matematika SMK kelompok akuntansi dan penjualan tahun ajaran
2011/2012 jika ditinjau dari tingkat kesukaranmasih belum sesuai dengan
teori evaluasi pendidikan yaitu proporsi tingkat kesukaran adalah 27%
mudah, 46% sedang, dan 27% sulit. Karena berdasarkan analisis yang
diperoleh proporsi tingkat kesukaran untuk paket A18 adalah 10% mudah,
75% sedang dan 15% sulit, paket B21 adalah 7,5% mudah, 72,5% sedang
dan 20% sulit, paket C34 adalah 10% mudah, 80% sedang dan 10% sulit,
paket D46 5% mudah, 87,5% sedang dan 7,5% sulit, dan paket E59 adalah
10% mudah, 80% sedang dan 10% sulit.