PENGARUH PENERAPAN METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME) TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS MELATI PKK KECAMATAN BANYUWANGI KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Penerapan metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) mempunyai
pengaruh yang tinggi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Metode
Beyound Centers and Circle Time (BCCT) atau Pendekatan Sentra dan Lingkaran
adalah suatu pendekatan pendidikan anak usia dini yang memperhatikan kebutuhan
anak untuk bermain sesuai dengan minat, keingingan memilih jenis main yang telah
disediakan oleh guru sehingga anak bebas berekplorasi, bebas mengemukakan
pendapat, bekerjasama dengan temannya sehingga semua kecerdasan yang ada pada
anak dapat dioptimalkan dan siap memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi .
Perkembangan kognitif anak usia dini adalah kemampuan individu untuk dapat
memecahkan masalah dan untuk menemukan sesuatu dari hasil percobaan. Dan
perkembangan kognitif meliputi: membaca, menulis dan berhitung.
Perumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh penerapan
metode BCCT terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Kelompok Bermain
Tunas Melati PKK Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran
2011/2012. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah adakah pengaruh
penerapan metode BCCT terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di
Kelompok Bermain Tunas Melati PKK Kecamatan Banyuwangi Kabupaten
Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012. Sedangkan manfaat penelitian ini
diharapkan bermanfaat bagi pendidik PAUD, peneliti, lembaga tempat penelitian,
program studi PLS dan perguruan tinggi.
Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan diatas yaitu dengan
menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena penelitian ini bertujuan ingin
mengetahui tingkat antara dua variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Data
viii
primer dalam penelitian ini diperoleh dari observasi oleh peneliti sedangkan untuk
data sekundernya diperoleh dari dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan regresi sederhana dengan rumus uji-t dan menggunakan product
moment yaitu untuk mengetahui tingkat keeratan pengaruh antara variabel bebas
dengan variabel terikat. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Hipotesis Kerja (Ha) “
Ada pengaruh penerapan metode BCCT terhadap perkembangan kognitif anak usia
dini Tahun Pelajaran 2011/2012 ”, dan Hipotesis Nol (Ho) “ tidak ada pengaruh
penerapan metode BCCT terhadap perkembangan kognitif anak usia dini Tahun
Pelajaran 2011/2012”.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode statistik mempergunakan
rumus uji- t dapat disimpulkan sebagai berikut, pada variabel Metode BCCT (X)
t
hit ung
> t
(8.05 > 2,09), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. artinya adalah variabel
Metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) (X) memiliki pengaruh yang
t abel
signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini (Y) di Kelompok Bermain
tunas Melati PKK Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran
2011/2012. Sedangkan untuk mengetahui tingkat keeratan pengaruh pada variabel
bebas dan terikat maka menggunakan rumus product moment dengan nilai
interpretasi pada kategori mempunyai tingkat pengaruh yang tinggi, karena terletak
antara nilai 0,800 - 1,00 yaitu dengan hasil perhitungan 0,811 dan hasil ini lebih besar
daripada r tabelnya dengan nilai 0,273 adapun kriteria yang digunakan N= 50 dengan
harga r dengan taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
tingkat keeratan variabel adalah tinggi. Dari hasil perhitungan di atas dapat diketahui
bahwa metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Kelompok Bermain
Tunas Melati PKK Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran
2011/2012