• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENERAPAN METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME) TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS MELATI PKK KECAMATAN BANYUWANGI KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    c (274)c_1.pdf (594.9Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Deasi Indrawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Metode Beyound Centers and Circle Time (BCCT) atau Pendekatan Sentra dan Lingkaran adalah suatu pendekatan pendidikan anak usia dini yang memperhatikan kebutuhan anak untuk bermain sesuai dengan minat, keingingan memilih jenis main yang telah disediakan oleh guru sehingga anak bebas berekplorasi, bebas mengemukakan pendapat, bekerjasama dengan temannya sehingga semua kecerdasan yang ada pada anak dapat dioptimalkan dan siap memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi . Perkembangan kognitif anak usia dini adalah kemampuan individu untuk dapat memecahkan masalah dan untuk menemukan sesuatu dari hasil percobaan. Dan perkembangan kognitif meliputi: membaca, menulis dan berhitung. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh penerapan metode BCCT terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Kelompok Bermain Tunas Melati PKK Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah adakah pengaruh penerapan metode BCCT terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Kelompok Bermain Tunas Melati PKK Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012. Sedangkan manfaat penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pendidik PAUD, peneliti, lembaga tempat penelitian, program studi PLS dan perguruan tinggi. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan diatas yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena penelitian ini bertujuan ingin mengetahui tingkat antara dua variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Data viii primer dalam penelitian ini diperoleh dari observasi oleh peneliti sedangkan untuk data sekundernya diperoleh dari dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana dengan rumus uji-t dan menggunakan product moment yaitu untuk mengetahui tingkat keeratan pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Hipotesis Kerja (Ha) “ Ada pengaruh penerapan metode BCCT terhadap perkembangan kognitif anak usia dini Tahun Pelajaran 2011/2012 ”, dan Hipotesis Nol (Ho) “ tidak ada pengaruh penerapan metode BCCT terhadap perkembangan kognitif anak usia dini Tahun Pelajaran 2011/2012”. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode statistik mempergunakan rumus uji- t dapat disimpulkan sebagai berikut, pada variabel Metode BCCT (X) t hit ung > t (8.05 > 2,09), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. artinya adalah variabel Metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) (X) memiliki pengaruh yang t abel signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini (Y) di Kelompok Bermain tunas Melati PKK Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012. Sedangkan untuk mengetahui tingkat keeratan pengaruh pada variabel bebas dan terikat maka menggunakan rumus product moment dengan nilai interpretasi pada kategori mempunyai tingkat pengaruh yang tinggi, karena terletak antara nilai 0,800 - 1,00 yaitu dengan hasil perhitungan 0,811 dan hasil ini lebih besar daripada r tabelnya dengan nilai 0,273 adapun kriteria yang digunakan N= 50 dengan harga r dengan taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat keeratan variabel adalah tinggi. Dari hasil perhitungan di atas dapat diketahui bahwa metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Kelompok Bermain Tunas Melati PKK Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16977
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository