• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MASTER MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 PRAJEKAN-BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    c (268)c_1.pdf (386.9Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Dayu Novika Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: a. Ada perbedaan hasil belajar biologi yang signifikan pada aspek kognitif, aspek afektif dan psikomotorik pada pembelajaran master menggunakan peta pikiran dengan kelas pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan rata-rata yang diperoleh, pada kelas eksperimen (pembelajaran master menggunakan peta pikiran) nilai rata-rata aspek kognitif sebesar 69,16± 10,25; afektif sebesar 79,0 ± 9,20; dan 70,0 ± 6,90 untuk aspek psikomotorik. Sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol (pembelajaran konvensional) adalah 57,5 ± 10,60 untuk kognitif; 71,0 ± 8,07 untuk afektif; dan 64,1 ± 10,1 untuk psikomotorik. b. Pembelajaran konsep penurunan sifat dengan pembelajaran master menggunakan peta pikiran dapat menuntaskan hasil belajar siswa kelas IX SMPN 1 PrajekanBondowoso, meliputi aspek kognitif 65,8%; afektif 86,84%; dan psikomotorik sebesar 84,2% dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. c. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (pembelajaran master dengan menggunakan peta pikiran) lebih baik dan lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai efektivitas relatif yang diperoleh yaitu pada aspek kognitif 20%, afektif 13% dan psikomotorik 9%. 6.2 Saran Berdasarkan hasil analisis data serta pembahasan, maka dapat diberikan saran pembelajaran master menggunakan peta pikiran dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran dalam pembelajaran biologi, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16972
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository