PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERMAKNA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK MASALAH SOSIAL GUNA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN GAMBIRAN 03 JEMBER
Abstract
Keberhasilan suatu tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh
keberhasilan kegiatan belajar di sekolah. Pembelajaran menempatkan siswa
sebagai subjek belajar menuntut peran siswa yang sangat besar dalam berbagai
aktifitas pembelajaran. Jika dalam pembelajaran hanya menggunakan metode
konvensional, peranan guru lebih dominan dari pada siswa, akan menyebabkan
siswa cenderung pasif, merasa jenuh,dan malas mengerjakan tugas. Daya ingat
siswa yang lemah akan mudah melupakan bahan pelajaran yang telah
diterimanya. Dengan demikian hasil belajar yang diperoleh oleh siswa akan
rendah pula.
Penelitian ini dilakukan di SDN Gambiran 03 dimana SD Negeri
Gambiran 03 merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar yang
terletak di Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember yang dalam proses belajar
mengajar masih mengunakan metode dan media yang kurang bervariasi. Dari
hasil observasi dan wawancara menunjukkan fakta bahwa mata pelajaran IPS di
SDN Gambiran 03 merupakan mata pelajaran yang kurang diminati terutama di
kelas IV. Hal itu disebabkan karena guru lebih sering menggunakan metode
ceramah dan kurang menggunakan media dalam proses pembelajaran. Hal ini
meyebabkan aktivitas guru dan siswa bersifat monoton seperti, hanya mencatat,
menghafal, dan mengerjakan soal sehingga menyebabkan hasil belajar siswa
rendah. Berdasarkan hasil obsevasi dan wawancara tersebut dapat diperoleh
rumusan masalah yaitu : 1). Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa
kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Masalah Sosial dengan menggunakan
media Gambar Bermakna di SDN Gambiran 03 ? 2). Bagaimanakah peningkatan
hasil belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Masalah Sosial
dengan menggunakan media Gambar Bermakna di SDN Gambiran 03 ?
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1 Untuk meningkatkan
aktivitas belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Masalah Sosial
dengan menggunakan gambar bermakna di SDN Gambiran 03. 2). Untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Pokok
Masalah Sosial dengan menggunakan gambar bermakna di SDN Gambiran 03.
Desain dari penelitian ini adalah model PTK berbentuk sprilal dengan
melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Datadata
dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan
peneliti dibantu oleh 2 orang observer.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran
sebelumnya. Hasil observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, diketahui
pada siklus 1 persentase yang diperoleh mencapai sebesar 60,71% sedangkan
pada siklus 2 persentase yang diperoleh mencapai 78,57%, dari hasil tersebut
tersebut menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar
17,86%. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 57,14%,
Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus 2 mencapai 78,57%. Dari
hasil tersebut menunjukkan presentase hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2
meningkat sebesar 21,43%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media gambar
bermakna dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada
mata pelajaran IPS pokok bahasan Masalah-masalah sosial di SDN Gambiran
03 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember