Show simple item record

dc.contributor.authorDARWIN DJENI
dc.date.accessioned2014-01-18T05:56:34Z
dc.date.available2014-01-18T05:56:34Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM080210101043
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16945
dc.description.abstractUjian nasional menjadi alat evaluasi yang hasilnya dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan dari proses belajar siswa di sekolah. Untuk kemampuan berpikir, umumnya siswa pada tingkat pendidikan menengah atas sudah sampai pada kemampuan kognitif tingkat tinggi, sehingga soal-soal yang disajikan bukan lagi soal berlevel rendah yang hanya mengukur aspek ingatan dan pemahaman, tetapi soal level atas yang sudah mengukur aspek aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Soalsoal tersebut dalam taksonomi SOLO apakah termasuk level unistruktural, multistuktural, relasional atau abstrak diperluas. Berdasarkan uraian di atas, diadakan penelitian dengan beberapa rumusan masalah yaitu: (1) berapakah persentase Standar Kompetensi Lulusan matematika, pada Soal Ujian Nasional matematika SMA/MA Program IPS dan Program IPA Tahun 2011; (2) berapakah persentase tingkat kognitif soal Ujian Nasional berdasarkan Taksonomi Bloom; (3) berapakah persentase tingkat kognitif soal Ujian Nasional berdasarkan Taksonomi SOLO; serta (4) bagaimana keterkaitan tingkat kognitif soal Ujian Nasional berdasarkan Taksonomi Bloom dan Taksonomi SOLO. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan guna mendeskripsikan standar kompetensi lulusan dan tingkat kognitif soal berdasarkan Taksonomi Bloom dan Taksonomi SOLO. Sumber data dalam penelitian ini yaitu naskah soal Ujian Nasional bidang studi matematika SMA/MA program IPS dan IPA tahun 2011 diperoleh dari Kemendiknas Jember. Metode pengumpulan data yang sesuai dengan penelitian ini adalah metode dokumentasi dan analisis data dengan kisi-kisi ujian nasional dari Permendiknas No.46 tahun 2010, lembar indikator Bloom dan level pertanyaan SOLO. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kelima paket (pada program IPA maupun program IPS) yaitu paket 12, paket 25, paket 39, paket 46 dan paket 54 hanya terdiri dua tipe soal saja. Paket 12, paket 25 dan paket 39 mempunyai tipe soal yang sama, tipe soal pada paket 46 sama dengan tipe soal paket 54. Untuk pendistribusian soal pada tiap nomor tidak sama persis. Persentase butir soal ujian nasional matematika SMA/MA tahun 2011 program IPA pada semua paket untuk masing-masing SKL 1 (Logika), SKL 2 (Aljabar), SKL 3 (Geometri), SKL 4 (Trigonometri), SKL 5 (Kalkulus), dan SKL 6 (Statistika dan Peluang) berturut-turut adalah 2,5%, 50%, 5%, 12, 5%, 22,5% dan 7,5%. Pada program IPS memiliki persentase pada semua paket untuk masing-masing SKL 1 (Logika), SKL 2 (Aljabar), SKL 3 (Kalkulus), dan SKL 4 (Statistika dan Peluang) berturut-turut adalah 7,5%, 57,5%, 12,5%, dan 22,5%. Proporsi soal C1, C2, C3, dan C4 untuk soal ujian nasional program IPA berturut-turut adalah 2 butir, 25 butir, 3 butir dan 10 butir atau setara dengan 5%, 62,5%, 7,5%, dan 25 %. Untuk program IPS, Proporsi perentase soal C1, C2, C3, dan C4 berturut-turut adalah 7,5%, 72,5%, 20% dan 0%. Tingkat kognitif berdasarkan SOLO untuk soal ujian nasional program IPA untuk masing-masing tingkat U, M dan R berturut-turut 5%, 62,5% dan 32,5%. Untuk program IPS berturut-turut adalah 7,5%, 72,5% dan 20%. Keterkaitan kognitif berdasarkan taksonomi Bloom dengan taksonomi SOLO untuk program IPA untuk masing-masing hubungan aspek pengetahuan-tingkat Unistruktual (C1-U), aspek pemahaman-tingkat Multistruktural (C2-M), aspek aplikasi-tingkat Relasional (C3-R) dan aspek analisis-tingkat Relasional (C4-R) berturut-turut 5%, 62,5%, 7,5% dan 25%. Pada program IPS berturut-turut adalah 7,5%, 72,5%, 20% dan 0%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101043;
dc.subjectUJIAN NASIONAL SMA/MA BIDANG STUDI MATEMATIKAen_US
dc.titleANALISIS SOAL UJIAN NASIONAL SMA/MA BIDANG STUDI MATEMATIKA PADA PROGRAM IPS DAN IPA TAHUN 2011 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DAN TAKSONOMI SOLOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record