ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP UNDERPRICING PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Underpricing adalah fenomena yang sering terjadi pada waktu perusahaan melakukan Initial Public Offering (IPO). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap underpricing pada saat IPO. Obyek penelitian ini adalah perusahaan yang mengalami underpricing pada saat IPO tahun 2006-2010, dengan menggunakan teknik purposive sampling di dapat 68 perusahaan sebagai sampel penelitian. Variabel independen dalam penelitian ini adalah reputasi auditor, reputasi penjamin emisi (underwriter), return on equity (ROE), dan debt to asset ratio (DAR). Untuk pengujiannya menggunakan metode analisis regresi berganda.
Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel reputasi penjamin emisi (underwriter) berpengaruh signifikan terhadap underpricing dengan arah koefisien negatif. Sedangkan ketiga variabel lainnya yaitu, reputasi auditor, return on equity, dan debt to asset ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing.