Show simple item record

dc.contributor.authorKhoirotun Indah
dc.date.accessioned2014-01-18T05:36:52Z
dc.date.available2014-01-18T05:36:52Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM080210191036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16925
dc.description.abstractSMP Negeri 10 Jember adalah salah satu contoh sekolah negeri yang sebagian gurunya menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu guru mendominasi di dalam proses pembelajaran. Pada saat peneliti melakukan observasi pada kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut ternyata siswa lebih banyak diam, mendengarkan dan mencatat apa yang guru jelaskan. Pada saat guru memberikan tugas kepada siswa, siswa tidak pernah mempresentasikan hasil pekerjaannya dengan teman sekelas melainkan hanya menuliskan pekerjaannya di buku tugas atau di papan tulis. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan kepada guru bidang studi matematika, bahwa selama ini pembelajaran matematika di SMP Negeri 10 Jember menggunakan metode ceramah dan penugasan. Siswa masih kurang komunikatif dalam menyampaikan ide atau gagasannya baik kepada guru dan teman lainnya. Kondisi tersebut disebabkan siswa masih bersifat individu dan kurang kerjasama dalam belajar. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diberikan solusi, yaitu kegiatan pembelajaran matematika dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Dari beberapa tipe pembelajaran kooperatif yang sudah ada dipilih pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Pembelajaran tersebut memberikan kesempatan kepada siswa untuk berfikir secara individu terlebih dahulu (think) lalu berpasangan untuk mendiskusikan permasalahan yang diberikan (pair) dan berbagi dengan teman sekelasanya (share). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) serta bagaimana hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) serta bagaimana hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Dalam penelitian ini subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII D. Hal ini disebabkan siswa kelas VII D mempunyai tingkat kemampuan yang heterogen dan mempunyai permasalahan dalam pembelajaran di kelas baik aktivitas maupun hasil belajarnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Sedangkan data yang dianalisis adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan aktivitas guru. Kegiatan penelitian ini dimulai dari tanggal 4 April sampai dengan 1 Mei 2012. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada kelas VII D SMP Negeri 10 Jember pada sub pokok bahasan segitiga semester genap tahun ajaran 2011/2012 berjalan sesuai dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dilakukan dengan memberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS) yang bersifat menuntun siswa dalam menemukan suatu konsep sendiri. Dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan siswa diberi kesempatan untuk berfikir secara mandiri terlebih dahulu (think) lalu berdiskusi dengan pasangannya (pair) dan berbagi dengan teman teman sekelasnya (share). Walaupun pada tiap tahapan terdapat kendala-kendala yang dihadapi tetepi kendala tersebut dapat diatasi dengan baik sehingga proses pembelajaran dapat berjalan baik dan lancar. Berdasarkan analisa data mengenai hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada siklus 1 mencapai 81.08% dengan siswa yang tidak tuntas belajar 7 anak dari 37 siswa. Sedangkan pada siklus 2 mencapai 91.42% dengan siswa yang tidak tuntas belajar 5 anak dari 37 siswa. Berdasarkan analisis data mengenai aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berlangsung. Dapat diketahui aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai 77.12% dan pada siklus 2 mencapai 81.44%. Pencapaian presentase aktivitas siswa yang didapat pada siklus 1 dan 2 termasuk dalam kategori aktif. Dari semua aktivitas siswa yang diamati pada kegiatan pembelajaran, aktivitas siswa yang memperoleh presentase paling kecil adalah aktivitas siswa pada tahap share. Pada siklus 1 aktivitas siswa pada tahap share mencapai 61.26% sedangkan pada siklus 2 mencapai 65.77%. Aktivitas siswa pada tahap share terdiri dari 3 aktivitas yaitu mempresentasikan hasil diskusi, memberi tanggapan dan memperhatikan jalannya diskusi. Dari ketiga aktivitas tersebut yang mengakibatkan rata-rata aktivitas pada tahap share mendapatkan presentase kecil adalah aktivitas siswa pada tahap mempresentasikan hasil diskusi. Hal tersebut disebabkan tidak semua siswa mempunyai kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, hanya beberapa pasang siswa saja yang dapat mempresentasikan hasil diskusi. Jumlah pasangan yang dapat mempresentasikan hasil diskusi disesuaikan dengan jumlah permasalahan yang diberikan. . Berdasarkan analisis data mengenai aktivitas guru pada selama kegiatan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berlangsung. pada siklus 1 presentase aktivitas guru pada siklus 1 mencapai 86.36% sedangkan pada siklus 2 mencapai 90%. Pencapaian presentase aktivitas guru pada siklus 1 dan 2 termasuk dalam kategori sangat aktif. Dari hasil pembelajaran yang telah didapat bahwa pembelajaran kooperatif tipe (Think Pair Share) adalah salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswanya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191036;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII D Pada Sub Pokok Bahasan Segitiga Di SMP Negeri 10 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record