TANGGAPAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RSGM FKG UNEJ
Abstract
Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) merupakan sarana kesehatan yang
menyelenggarakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut sebagai pelayanan pengobatan
dan pemulihan tanpa mengabaikan peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit
yang dilaksanakan yaitu pelayanan rawat jalan, gawat darurat dan pelayanan tindakan
medik (Premenkes Nomor 1173 / MENKES / PER / X / 2004). Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui bagaimana tanggapan pasien terhadap kesehatan gigi dan
mulut di RSGM FKG Universitas Jember.
Besar sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 203 orang yang diambil
secara Cluster Random Sampling, masing-masing klinik dengan jumlah pasien yang
datang hampir sama, didapat sampel sebanyak 29 sampel di tiap klinik. Sampel
melakukan pengisian kuesioner untuk mengetahui tanggapan pasien terhadap
pelayanan kesehatan gigi dan mulut di RSGM Fakultas Kedokteran Gigi Universitas
Jember. Data disajikan dalam bentuk tabel dan dipersentase.
Hasil penelitian tentang tanggapan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi
dan mulut di RSGM Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember adalah, sebanyak
69% responden mamiliki pengetahuan yang jelek tentang RSGM. Pelayanan
kesehatan gigi dan mulut yang diberikan menurut 33% responden termaksud jelek,
dan 31,5% responden menjawab sedang. Keadaan gedung RSGM menurut 14,7%
responden tidak baik dan 82,7% responden menjawab tidak tahu karena mempunyai
pengetahuan yang jelek tentang RSGM. 71,4% responden menganggap bahwa
keramahan, dan kerapian operator di RSGM sudah baik tetapi tidak dengan pelayanan
yang diberikan. Kekurangan dari penelitian ini adalah sampel tidak mengeluarkan
biaya pada saat dirawat oleh mahasiswa sehingga dapat mempengaruhi hasil dari
penelitian ini.