Show simple item record

dc.contributor.authorIVO OKTORA ALMAIDA
dc.date.accessioned2014-01-18T05:26:26Z
dc.date.available2014-01-18T05:26:26Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM060210101166
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16908
dc.description.abstractBelajar matematika bagi para siswa, merupakan pembentukan pola pikir dalam pemahaman suatu pengertian maupun dalam penalaran suatu hubungan diantara pengertian – pengertian itu. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari guru matematika di SMP Al Muttaqin Jember yaitu bahwa sampai saat ini pelajaran matemtika masih menjadi mata pelajaran yang sulit bagi siswa, mulai dari konsep, rumus ataupun penerapannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar sebagian besar siswa yang belum mencapai batas tuntas untuk pelajaran matematika yaitu 70 sedangkan nilai rata – rata hasil ulangan siswa yaitu 65. Selama ini guru menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran berlangsung dengan metode ceramah dikelas ini, sebagian besar siswa cenderung pasif, serta banyak siswa yang malu atau enggan bertanya maupun menjawab pertanyaan guru. Oleh karena itu, keberhasilan atau kegagalan dalam belajar khususnya matematika, sangat tergantung pada bagaimana proses pembelajaran itu dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif dengan strategi belajar MURDER termasuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya bagi siswa, mengetahui aktivitas siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif dengan strategi belajar MURDER, mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif dengan strategi belajar MURDER. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Al Muttaqin Jember tahun ajaran 2012/2013. Strategi belajar itu sendiri merupakan singkatan dari mood (suasana hati), understand (pemahaman), recall (pengulangan), digest (penelaahan), expand (pengembangan), review (pelajari kembali). Pengambilan data dimulai pada tanggal 27 Juli sampai 11 Agustus 2012. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas sedangkan model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model siklus Hopkins. Metode pengumpulan data yang dignakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif dengan strategi belajar MURDER pada pokok bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel kelas VII Semester Ganjil SMP Al Muttaqin Jember tahun ajaran 2012/2013 berjalan sesuai dengan langkah – langkah pembelajaran kooperatif dengan menggunakan strategi belajar MURDER. Tetapi dalam pelaksanaannya belum berjalan dengan sesuai dengan yang diharapkan yaitu aktivitas ketika guru memberikan materi, seharusnya guru bukan hanya memberikan sedikit materi namun memberikan seluruh materi. Keaktivan siswa semakin meningkat dari pembelajaran 1 hingga pembelajaran 4. Sedangkan untuk ketuntasan hasil belajar siswa melalui tes siklus I secara klasikal 83,33% dan semakin meningkat di siklus II menjadi 90%. Hal ini dikarenakan siswa memiliki kemampuan belajar secara mandiri. Sehingga terlihat bahwa keberhasilan siswa tergantung pada kemampuannya untuk belajar secara mandiri dikelas. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pembelajaran kooperatif dengan menggunakan strategi belajar MURDER cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa tiap siklusnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210101166;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar Siswa Strategi Belajar MURDERen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI BELAJAR MURDER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP AL MUTTAQIN JEMBER TAHUN AJARAN 2012/ 2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record