• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROSEDUR AKUNTANSI PEMBERIAN KREDIT PENGUSAHA KECIL DAN MIKRO (KPKM) PADA PT. BANK JATIM CABANG SITUBONDO

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    gdl (85)z_1.pdf (72.45Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    WIDYAWATI HARTONO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan di PT. Bank Jatim Cabang Situbondo pada bidang prosedur akuntansi pemberian Kredit Pengusaha Kecil dan Mikro (KPKM), maka diambil kesimpulan sebagai berikut : a. PT. Bank Jatim Cabang Situbondo memberikan KPKM kepada nasabah yang memiliki usaha yang berjalan lebih dari 2 (dua) tahun dan nasabah harus mampu menyediakan agunan kredit berupa barang bergerak, barang tetap, cessy dan atau lainnya yang dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan. b. Proses pemberia kredit, meliputi : 1) Prosedur Pengajuan KPKM Dalam prosedur ini, nasabah membuat surat permohonan kredit yang berisi nama, alamat, nomor rekening, jumlah kredit yang diinginkan, jangka waktu pengembalian, dan cara pengembalian. Kemudian diserahkan ke bagian umum dnegna dilampiri fotokopi KTP, fotokopi KSK, fotokopi Surat Keterangan Usaha dan Desperindag, foto 4 x 6 sebanyak 2 lembar, dan surat jaminan. Selanjutnya bagian umum akan mencatat surat permohonan kredit ke dalam surat masuk dan diserahkan kepada pemimpin cabang untuk mendapatkan disposisi. Selanjutnya surat permohonan kredit tersebut diserahkan ke bagian kredit. 2) Prosedur Proses KPKM Prosedur proses ini dimulai dengan diterimanya berkas-berkas nasabah oleh bagian kredit dari nasabah / kreditur. Kemudian bagian kredit melakukan pengecekan terhadap berkas-berkas tersebut dan selanjutnya melakukan survey lapangan. Setelah dilakukan survey lapangan, bagian kredit akan melakukan pembahasan tentang survey lapangan yang dilakukan dan memberikan analisanya kepada penyelia pemasaran dan pemimpin cabang untuk mendapatkan persetujuan dapat tidaknya KPKM diberikan kepada nasabah. Apabila pemimpin cabang menyetujui pencairan tersebut, maka pemimpin cabang akan memberikan berkas ke bagian kredit untuk selanjutnya dibuatkan Surat Pemberitahuan Persetujuan Kredit (SPPK). Setelah nasabah setuju atas syarat-syarat SPPK, maka dilanjutkan penandatanganan perjanjian kredit dan pengikatan jaminan. Setelah dilakukan hal tersebut di atas maka proses pencairan kredit dapat segera dilaksanakan. 3) Prosedur Pencairan Kredit Prosedur pencairan kredit meliputi pembuatan Advis kredit yang ditandatangani oleh Pemimpin Cabang dan Penyelia Pemasaran, kemudian dilakukan input data realisasi ke dalam sistem Estim (aplikasi program PT. Bank Jatim). Pada saat itu juga pihak bank mendebat rekening nasabah untuk biaya realisasi sehingga nasabah dapat menarik kreditnya. Setelah itu bagian kredit akan memberikan kuitansi duplikat dua ke nasabah, sedangkan kuitansi asli diberikan kepada bagian akuntansi disertai laporan harian yang telah dibuatnya. Berkas-berkas yang lain akan diarsip oleh bagian kredit sesuai dengan urutannya. Kemudian bagian akuntansi akan menjurnal kuitansi yang diberikan oleh bagian kredit dan akan mengarsip sesuai tanggalnya. 4) Prosedur Angsuran Kredit Dalam prosedur ini, nasabah langsung membayar melalui rekening tabungan sehingga setiap akhir atau awal bulan bagian kredit melakukan cek terhadap rekening nasabah apakah sudah ada yang membayar atau belum. Selain itu, pengalaman praktis yang diperoleh selama Praktek Kerja Nyata di PT. Bank Jatim Cabang Situbondo yaitu mampu mengetahui dan melaksanakan secara langsung tentang prosedur permohonan kredit, pencairan dan angsuran KPKM yang dapat menambah pengetahuan tentang kredit dan juga dapat mengetahui secara langsung manfaat teknologi seperti komputer dalam dunia perbankan, khususnya dalam hal KPKM. Manfaat tersebut dapat mempermudah, mempercepat, dan meningkatkan kualitas informasi sehingga yang dihasilkan lebih akurat, tepat waktu, dan relevan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16873
    Collections
    • DP-Accounting [660]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail