• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA KARTU KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI-IPA2 SMA NEGERI 1 TANGGUL POKOK BAHASAN IMPULS DAN MOMENTUM

    Thumbnail
    View/Open
    c (38)c_1.pdf (665.9Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Cahyo Sumbodo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan observasi awal, pada proses pembelajaran Fisika di kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Tanggul Tahun Pelajaran 2009/2010 belum optimal. Menurut guru pengajar, hal ini dibuktikan dengan siswa yang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan, yang hanya mencapai 17%, sehingga aktivitas belajar siswa kelas XI IPA-2 secara klasikal hanya mencapai 48%. Selain itu, secara umum nilai ujian semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 yang rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika hanya mencapai 54,5%. Hal ini yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together berbantu media kartu kontekstual. Model pembelajaran Numbered Head Together merupakan sistem kerja/belajar kelompok yang terstruktur sehingga terjadi saling ketergantungan positif. Dengan dibantu media kartu kontekstual diharapkan siswa dapat memahami secara mendalam konsep impuls dan momentum pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa di kelas XI-IPA2 SMA Negeri 1 Tanggul dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu media kartu kontekstual pada pokok bahasan impuls dan momentum. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan: (1) analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan secara kualitatif maupun kuantitatif data hasil penelitian; (2) prosentase aktivitas belajar untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II; (3) prosentase ketuntasan hasil belajar untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Tanggul dengan jumlah siswa 44 orang yang terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Karakteristik kelas ini memiliki keaktifan belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa yang rendah dibanding kelas XI yang lainnya. Data tentang keaktifan belajar siswa diperoleh dari hasil observasi dengan instrumen observasi yang telah disediakan. Sedangkan ketuntasan belajar fisika siswa diperoleh dari hasil postest. Indikator keberhasilan untuk aktivitas belajar siswa setidak-tidaknya 75% dari jumlah siswa yang hadir dan indikator ketuntasan belajar fisika siswa sekurang-kurangnya 75% dari jumlah siswa yang mengikuti tes. Selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 66,2 %, dan meningkat menjadi 80,2% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada Siklus I meningkat menjadi 70,4%, dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 81,8%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dicapai, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantu media kartu kontekstual pada pokok bahasan impuls dan momentum dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasn belajar siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Tanggul tahun ajaran 2009/2010. Diharapkan jika diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together berbantu media kartu kontekstual perlu adanya kontrol yang baik oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi sehingga siswa benar-benar memanfaatkan waktu dan memahami materi dengan baik
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16757
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository