• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN APLIKASI STARTER EXPERIMENT APPROACH MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTUAN KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

    Thumbnail
    View/Open
    c (35)c_1.pdf (624.5Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Cahyo Murtianto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan suatu tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan kegiatan di sekolah. Proses belajar dan hasil belajar siswa bukan hanya ditentukan oleh sekolah, pola struktur dan isi kurikulum saja tetapi juga ditentukan oleh kompetensi guru yang mengajak dan membimbing siswa (Sujiani, 1998: 1). Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa agar berperan aktif dalam proses belajar mengajar sehingga dapat menghasilkan mutu pendidikan yang baik. Keberhasilan proses dan hasil pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah guru dan siswa. Selain menguasai materi seorang guru juga dituntut untuk menguasai strategi-strategi penyampaian materi tersebut, cara guru menciptakan suasana kelas akan berpengaruh terhadap respon siswa dalam proses pembelajaran (Yusuf, 2005: 8). Dalam penyampaian materi, guru dapat menggunakan Starter Exsperiment Approach (SEA) sebagai salah satu pendekatan dalam pembalajaran IPA sehingga diharapkan siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan. SEA merupakan suatu pendekatan yang komprehensif untuk pengajaran IPA (fisika, biologi dan kimia) yang biasanya mencakup berbagai metode pembelajaran (Memes, dalam Irawati. 2003:8). SEA berorientasi pada proses bagaimana siswa dalam pembelajaran membangun dan menemukan pengetahuannya sendiri (Yasa dalam Irawati, 2003: 8). Selain pendekatan, guru dapat pula memfasilitasi pemahaman siswa tersebut dengan menggunakan jenis-jenis media pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif menggunakan Starter Experiment Approach berbantuan media audio visual dengan bantuan komputer dan pembelajaran konvensional. Analisis data dimulai dengan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, pengukuran keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan pengukuran hasil belajar siswa aspek kognitif melalui tes di akhir pembelajaran. Nilai ulangan blok yang diporoleh dari metode dokumentasi dijadikan data untuk dianalisis teknik anova untuk mengetahui tingkat homogenitas populasi yang diambil guna penentuan responden. Kemudian didapatkan responden yaitu kelas. VIIIB sebagai kelas eksperimen (kelas yang menggunakan Starter Experiment Approach berbantuan media audio visual dengan bantuan komputer) dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol (kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional). Keaktifan siswa diukur melalui analisis persentase keaktifan siswa yang dilakukan dengan cara observasi yang kemudian dihitung dengan menggunakan rumus persentase keaktifan yang kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keaktifan. Sedangkan nilai kognitif yang diukur melalui tes dijadikan data untuk dianalisis menggunakan uji t untuk melihat perbedaan nilai kognitif antara kelas yang menggunakan Starter Experiment Approach berbantuan media audio visual dengan bantuan komputer dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil observasi, didapatkan prosentase keaktifan siswa secara klasikal sebesar 77,51%(±0,91) yang masuk dalam kategori aktif untuk kelas eksperimen yang menggunakan Starter Experiment Approach berbantuan media audio visual dengan bantuan komputer dan 55,99%(±1,40) yang masuk dalam kategori cukup aktif untuk kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional. Sedangkan Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16751
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository