dc.description.abstract | Banyak faktor yang menentukan keberhasilan proses belajar
mengajar.Diantara faktor-faktor yang paling dominan adalah guru, siswa dan
sarana buku penunjang. Dari faktor guru, guru hendaknya menguasai materi yang
akan disampaikan, metode yang digunakan haruslah bervariasi, jika tidak maka
tidak heran siswa bosan, jenuh dan mungkin malas untuk mengikuti pembelajaran,
teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi
pelajaran Matematika dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) meningkatkan pemahaman konsep
siswa dalam proses pembelajaran Matematika, khususnya pada operasi hitung
bilangan bulat, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran
Matematika tentang operasi hitung bilangan bulat.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberejo 06 yang terdiri dari 25
siswa, 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5
kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan
jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2
siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, dan dokumentasi,
sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan
data mulai dilakukan tanggal 25 Januari 2011 sampai 30 April 2011 dengan
subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sumberejo 06 Kec. Ambulu Kab. Jember.
Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu.
Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa
persentase aktivitas siswa selama pembelajaran operasi hitung penjumlahan
bilangan bulat menggunakan media garis bilangan adalah: sebelum perbaikan
54,6% pada siklus I persentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik
sebesar 66,7%; siklus II sebesar 92%. Hal ini relevan dengan dengan hasil
belajar siswa yang juga mengalami peningkatan yaitu: sebelum perbaikan
59,6%; siklus I menjadi 69,2% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi
78,6%. Berdasarkan data di atas, dapat dilihat bahwa seluruh siswa berhasil
mencapai tujuan belajarnya pada siklus kedua, dengan rata-rata nilai hasil belajar
79,6 atau tingkat pencapaian 79,6%. Maka pembelajaran ini mengalami kemajuan
dan dapat dikatakan “ Tuntas “.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan Media Garis Bilangan
dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas IV dalam
pembelajaran Matematika materi operasi hitung penjumlahan bilangan bulat di
SDN Sumberejo 06 Kec. Ambulu Kab. Jember | en_US |