PELAKSANAAN PROSEDUR AKUNTANSI PIUTANG USAHA ATAS JASA TELEKOMUNIKASI PADA PT. TELKOM, Tbk KANCATEL LUMAJANG
Abstract
Dari seluruh uraian dari penjelasan kegiatan Pratek Kerja Nyata mengenai
Prosedur Akuntansi Piutang Usaha Atas Jasa Telekomunikasi pada PT. Telkom KancateLumajang dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Proses akuntansi di PT. Telkom Kancatel Lumajang dilaksanakan secara
komputerisasi dengan menggunakan program aplikasi SISKA, yaitu suatu sistem
informasi yang mengolah data-data para pelanggan yang akurat, tepat dan relevan
bagi perusahaan.
2. Program pengolahan data-data piutang secara komputerisasi diterapkan dengan
maksud untuk mempermudah, mempercepat dan meningkatkan kualitas informasi.Informasi yang berkualitas adalah informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan.
3. Proses timbulnya piutang usaha atas jastel yaitu dengan adanya pemasangan
sambungan baru oleh pelanggan yang akan menimbulkan tagihan. Prosedur
pelaksanaannya dimulai dari calon pelanggan mengajukan permohonan PSB hinggadiadakannya kring yang menandakan telepon tersebut telah dapat digunakan. Tagihan
atas rekening telepon dihitung sejak telepon dinyatakan kring hingga satu bulan masa
pemakaian, dan pembayaran dapat dilkukan sampai tanggal 20 bulan berikutnya.