CUSTOMER BONDING DALAM UPAYA MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN PADA HOTEL BINTANG MULIA JEMBER
Abstract
Kepariwisataan mempunyai peranan penting untuk memperluas serta
memeratakan kesempatan usaha dan lapangan kerja, mendorong pembangunan
daerah, dan memperbesar pendapatan nasional dalam rangka meningkatkan
kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Perkembangan pariwisata bisa dilihat dari
meningkatnya jumlah wisatan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang
menginap di hotel, oleh karena itu penelitian ini dilakukan di Hotel Bintang Mulia
Jember. Hotel Bintang Mulia merupakan hotel terbaru di kota Jember yang
mempunyai pelanggan baik dari nusantara maupun mancanegara, meskipun saat ini
masih dikatakan hotel melati, tetapi Hotel Bintang Mulia dalam memberikan
pelayanan dan fasilitasnya berorientasi pada hotel bintang tiga.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Customer Bonding dalam
upaya meningkatkan tingkat hunian pada Hotel Bintang Mulia Jember dengan
menggunakan metode penelitian deskriptif dengan paradigma kualitatif mengenai
pelaksanaan kegiatan-kegiatan Customer Bonding. Tahap-tahap Customer Bonding
terdiri dari Awareness Bonding, Identity Bonding, Relationship Bonding, Community
Bonding, dan Advocacy Bonding dengan menggunakan teknik analisis domain dan
taksonomi.
Analisis domain merupakan teknik analisis yang mencari gambaran umum
dan menyeluruh tentang situasi sosial objek penelitian. Sedangkan taksonomi adalah
teknik analisis yang melihat keseluruhan data yang terkumpul berdasarkan domain
dan kemudian diuraikan secara lebih mendalam. Penarikan kesimpulan dilakukan
dengan menggunakan metode induktif, yaitu penarikan kesimpulan dengan teori-teori
ke dalam fenomena yang terjadi di lapangan.
Deskripsi penelitian ini menggambarkan atau mendeskripsikan tentang
pelaksanaan Customer Bonding yang dilakukan oleh Hotel Bintang Mulia Jember
dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan tingkat huniannya. Kebenaran
penelitian ini dilakukan dengan menggunkan teknik trianggulasi, yaitu teknik
keabsahan data dengan membandingkan perolehan data temuan dari perusahaan
dengan hasil wawancara yang dilakukan penulis kepada para informan terkait dengan
pelaksanaan Customer Bonding Hotel Bintang Mulia Jember yang terdiri dari
Awareness Bonding, Identity Bonding, Relationship Bonding, Community Bonding,
dan Advocacy Bonding.
Penelitian yang telah dilakukan dengan teknik analisis yang telah ditetapkan
maka hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Customer Bonding yang telah
dilakukan oleh Hotel Bintang Mulia Jember berjalan belum optimal, meskipun ada
peningkatan tingkat hunian setiap tahunnya. Peningkatan tingkat hunian setiap
tahunnya dapat mengalami kenaikan sebanyak 527 hunian atau naik sebesar 3,79%
pada tahun 2009, dan pada tahun 2009-2010 naik sebanyak 149 hunian atau naik
sebesar 1,73%. Peningkatan pada tahun 2010 tidak sebesar peningkatan tingkat
hunian pada tahun 2009 yang kedua tahun tersebut hotel telah melaksanakan strategi
Customer Bonding. Akan tetapi melihat dari hasil penelitian ini dapat dikatakan
bahwa pelaksanaan Customer Bonding pada Hotel Bintang Mulia Jember memiliki
kecenderungan untuk meningkatkan tingkat hunian.