Show simple item record

dc.contributor.authorEka Hendriyanti F
dc.date.accessioned2014-01-18T01:37:54Z
dc.date.available2014-01-18T01:37:54Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM060210191096
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16581
dc.description.abstractMatematika merupakan ilmu yang mendasari perkembangan teknologi yang berperan penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Matematika juga mempunyai peranan penting dalam pendidikan. Hal ini terbukti bahwa pelajaran matematika ada disetiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Matematika diperlukan untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, mengelola, dan memanfaatkan informasi, serta kemampuan bekerjasama. Namun sampai sekarang masih banyak siswa yang menganggap bahwa pelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan. Sebenarnya sulit tidaknya pelajaran tergantung dari siswa itu sendiri atau siap tidaknya dia menerima pelajaran. Dari hasil observasi ditemukan bahwa hasil ujian tengah semester siswa kelas VII A di SMP Negeri 1 Silo masih rendah dibandingkan kelas lainnya. Hal ini ditunjukkan dari data kelas dari 36 siswa hanya 19,4% yang mendapatkan skor 70 ke atas dan 80,6% mendapatkan skor dibawah 70. Aktivitas belajar matematika siswa kelas VII A juga masih rendah. Hal ini terlihat selama pembelajaran hanya 40% siswa yang aktif dalam pembelajaran dan 60% siswa tidak aktif di kelas. Permasalahan tersebut harus segera diatasi dengan penggunaan metode pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih tertarik dengan pembelajaran Matematika, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah motode Course Review Horay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran course review horay dan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diajar dengan metode pembelajaran course review horay pada pokok bahasan himpunan kelas VII SMP Negeri 1 Silo Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Silo yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan desain spiral penelitian tindakan kelas model Hopskin dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan penerapan metode Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai skor 76,45% dan termasuk kategori aktif sendangkan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 55,6% belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 84,41% dan termasuk kategori sangat aktif, ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan sebesar menjadi 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Silo pada mata pelajaran Matematika materi Himpunan. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah hendaknya guru mata Matematika di SMP Negeri 1 Silo menerapkan metode Course Review Horay sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isozhen_US
dc.relation.ispartofseries060210191096;
dc.subjectMetode Pembelajaran Course Review Horay, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 1 SILOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record