ANALISIS PENGARUH VARIABEL-VARIABEL MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGGUNAKAN JASA INTERNET PADA HIPPO NET JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Variabel-Variabel Marketing Mix
Terhadap Keputusan Konsumen untuk Menggunakan Jasa Internet pada Hippo Net
Jember” ini bertujuan untuk megetahui pengaruh pada variabel bebas yaitu variabelvariabel
marketing
mix
yang
berupa
pelayanan
jasa
(X
1
), tingkat harga (X
), promosi
(X
3
), tempat(X
4
), karyawan (X
5
), bukti fisik (X
6
) serta proses (X
) terhadap
keputusan konsumen untuk menggunakan jasa internet pada Hippo Net Jember baik
secara simultan maupun parsial serta untuk menentukan manakah diantara variabelvariabel
tersebut
yang
memiliki
kontribusi
paling
besar
terhadap
keputusan
konsumen
untuk
menggunakan
jasa
internet
pada
Hippo
Net
Jember.
Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak lima
puluh responden. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden.
Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas
(metode Pearson), uji reliabilitas (metode Cronbach Alpha), uji asumsi klasik,
analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan analisis koefisien determinasi
berganda disesuaikan.
Hasil pengujian hipotesis pertama yang menyatakan bahwa diduga terdapat
pengaruh pada variabel-variabel marketing mix yang berupa pelayanan jasa (X
),
tingkat harga (X
2
), promosi (X
3
), tempat(X
4
), karyawan (X
5
7
2
), bukti fisik (X
) serta
proses (X
) terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan jasa internet pada
Hippo Net Jember secara simultan terbukti kebenarannya. Hal ini dibuktikan dengan
hasil perhitungan pada tabel Anova dimana F
7
hitung
sebesar 22,563 dan F
2,2371.
F
hitung
> F
(22,563 > 2,2371) pada α=5% maka Ho ditolak. Untuk hipotesis yang
menyatakan bahwa terdapat pengaruh pada variabel-variabel marketing mix yang
berupa pelayanan jasa (X
tabel
1
), tingkat harga (X
2
), promosi (X
3
), tempat(X
), karyawan
(X
5
), bukti fisik (X
6
) serta proses (X
) terhadap keputusan konsumen untuk
menggunakan jasa internet pada Hippo Net Jember secara parsial hanya dapat
diterima untuk tiga variabel saja yaitu tingkat harga, promosi, dan karyawan.
7
) adalah
variabel yang memiliki kontribusi paling besar terhadap keputusan konsumen untuk
menggunakan jasa internet pada Hippo Net Jember tidak terbukti kebenarannya. Hal
ini berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel
tingkat harga (X
Sedangkan hipotesis kedua yang menyatakan bahwa variabel tempat (X
) adalah variabel yang memiliki kontribusi paling besar terhadap
keputusan konsumen untuk menggunakan jasa internet pada Hippo Net Jember. Hal
ini dapat dibuktikan dari hasil analisis regresi linier berganda, dimana nilai variabel
tingkat harga (X2) memiliki nilai yang terbesar yaitu 1,050 dibandingkan dengan
nilai variabel lainnya.