| dc.description.abstract | Kedisiplinan merupakan kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan 
suatu sistem yang mengharuskan orang untuk tunduk pada keputusan, perintah atau 
peraturan yang berlaku. Disiplin  di sekolah sangat penting untuk diterapkan karena 
dengan menerapkan disiplin di sekolah, moral siswa akan terbentuk untuk menjadi 
manusia yang lebih baik. Kenyataan di  lapangan terkadang tidak sesuai dengan apa 
yang diharapkan. Seperti yang terjadi di SD Muhammadiyah 05 Kecamatan Muncar 
Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan hasil survei awal yang telah peneliti lakukan di 
sekolah tersebut, menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa SD Muhammadiyah 
khususnya siswa kelas IV masih kurang tercapai, hal ini terbukti dengan sering 
munculnya pelanggaran-pelanggaran peraturan yang terdapat di sekolah tersebut 
diantaranya,  seringnya siswa terlambat masuk sekolah, pada saat pembelajaran 
berlangsung masih banyak siswa yang kurang merespon perintah guru, dan pada saat 
guru memberikan tugas masih banyak siswa yang gaduh serta tidak memperhatikan 
selain itu masih banyak siswa yang mengumpulkan tugas tidak tepat pada waktunya 
bahkan tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru kelasnya. Hal tersebut 
ternyata berimbas pada prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn. Dari hasil tes 
ulangan harian mata pelajaran PKn semester gasal 2010/2011 diketahui bahwa hasil  
ulangan harian  siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 05 bidang studi PKn kurang 
memuaskan. Dapat dipaparkan bahwa dari 29 siswa diketahui 34% siswa memiliki sikap disiplin yang baik dan hasil ujian mereka rata-rata di  atas 70; 26% siswa 
memiliki sikap disiplin sedang dan hasil ujian mereka rata-rata di atas 60; sedangkan 
40% siswa memiliki sikap tidak disiplin dan hasil ujian mereka di bawah 60. Dalam 
hal ini dapat dijelaskan bahwa keberhasilan belajar siswa berhubungan dengan 
kedisiplinan siswa.  Tujuan penelitian ini adalah  mengetahui apakah ada hubungan 
antara kedisiplinan dengan prestasi belajar   bidang studi Pendidikan 
Kewarganegaraan pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 05 Muncar Kabupaten 
Banyuwangi Tahun ajaran 2010/201.  
Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah 05 Muncar Kabupaten 
Banyuwangi, kelas IV yang terdiri dari 29 siswa, 12 siswa laki-laki dan 17 siswa 
perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini 
adalah penelitian korelasi yaitu mencari hubungan antara 2 variabel, yaitu variabel 
bebas dan variabel terikat. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, 
wawancara dan  dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 07 
Januari 2011 sampai dengan 31 Januari 2011.  
Data yang dikumpulkan yaitu hasil observasi, hasil angket, nilai hasil belajar 
siswa mata pelajaran PKn. Hasil korelasi diambil dari hasil angket yang dikorelasikan 
dengan nilai hasil belajar siswa diperoleh hasil, bahwa r-empiris sebesar 0,576, hasil 
analisis tersebut lebih besar dari r tabel product moment untuk N=29 dengan taraf 
signifikan 5% = 0,367. Hal itu berarti hipotesis alternatif yang berbunyi  “Ada 
Hubungan antara Kedisiplinan dengan Prestasi Belajar Bidang Studi PKn pada Siswa 
Kelas IV SD Muhammadiyah 05 Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 
2010/2011” diterima. Sehingga hasilnya adalah signifikan bahwa  𝑟𝑟𝑥𝑥𝑥𝑥 >  𝑟𝑟𝑡𝑡, yakni 
hipotesis alternatif di terima.  
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data untuk menguji hipotesis yang di 
ajukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara 
kedisiplinan dengan prestasi belajar bidang studi PKn pada siswa kelas IV SD 
Muhammadiyah 05 Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011.  Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kedisiplinan sisw
berhubungan dengan prestasi belajar, semakin tinggi kedisiplinan siswa mak
semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai, namun sebaliknya semakin renda
kedisiplinan yang dimiliki siswa maka semakin rendah pula prestasi belajar yang d
peroleh siswa. | en_US |