PELAKSANAAN ADMINISTRASI PENJUALAN CERUTU PADA KOPERASI KARYAWAN KARTANEGARA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA X (PERSERO) JELBUK – JEMBER
Abstract
Setiap jenis kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tentu menginginkan keuntungan
yang maksimal, sebab keuntungan sebagai tolak ukur berhasil tidaknya perusahaan dalam
menjalankan usahanya dan merupakan suatu hal landasan bagi kegiatan perusahaan. Dalam hal
ini perusahaan mempunyai tujuan yaitu mendapatkan keuntungan dan mempertahankan
usahanya dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Kegiatan penjualan pada dasarnya merupakan kegiatan awal sebelum kegiatan operasional
dilakukan, yang meliputi kegiatan operasional perusahaan yaitu pemasaran, produksi,
pembelanjaan dan personalia.Dalam hal ini fungsi operasional diperlukan koordinasi yang baik
terhadap fungsi-fungsi tersebut. Bila terdapat salah satu fungsi perusahaan yang kurang baik
maka hal ini akan mengakibatkan koordinasi yang kurang baik. Oleh karena itu fungsi –fungsi
perusahaan tersebut perlu di kelola dengan baik agar tujuan tersebut dapat dicapai secara efisien
dan efektif.
Fungsi pemasaran adalah sangat menentukan bagi kelangsungan hidup perusahaan. Dalam
hal ini, fungsi pemasaran menyangkut masalah penjualan yang didalamnya terdapat tentang
jumlah atau volume penjualan, yang menentukan keputusan-keputusan tentang volume produksi
jumlah kapital yang perlu disediakan dan kebutuhan tenaga manusia dalam perusahaan. Dengan
adanya permintaan pasar dan volume penjualan yang cukup merupakan syarat mutlak untuk
dapatnya suatu usaha. Proses pemasaran meliputi fungsi pemasaran yang tergantung pada
macam-macam produk dan dalam perdagangan.Fungsi pemasaran yang pokok adalah penjualan,
pembelian, pengangkutan, penyimpanan, mengadakan standarisasi, pembelanjaan, menanggung
resiko, mendapatkan keterangan atau informasi mengenai pasar.