dc.description.abstract | Surat-menyurat atau korespondensi sangat penting dalam informasi
sekarang ini, karena surat bersifat tertutup dan lebih terjamin kerahasiaannya.
Pengertian dari surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan pernyataan
atau informasi secara tertulis dari pihak yang satu kepada pihak yang lain.
Dalam komunikasi yang baik tidak hanya ditentukan oleh penggunaan alatalat
komunikasi yang canggih, seperti telepon, radio, televisi, teleks, Facsimile
dan komunikasi lainnya. Surat dipandang sebagai alat komunikasi tulis yang
efektif, efisien, ekonomi dan praktis. Surat bermanfaat bagi suatu organisasi atau
perusahaan, artinya dalam suatu organisasi atau perusahaan perlu adanya kerja
sama. Agar kerja sama itu dapat dilaksanakan dengan baik maka perlu adanya
komunikasi, karena tanpa komunikasi yang baik kegiatan suatu organisasi atau
perusahaan akan simpang siur dan kacau balau sehingga tujuan organisasi atau
perusahaan itu kemungkinan besar tidak tercapai. ( Panji; 1994)
Kegiatan korespodensi merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan
dalam organisasi karena sebagai kegiatan arus komonikasi dan informasi yang
dapat berupa pemberitahuan, pernyatan, permintaan, pemikiran, sanggahan dan
sebagainya yang dilaksanakan dengan surat. Selain itu kegiatan korespodensi
dalam suatu organisasi atau perusahaan sangat penting juga karena sebagai alat
pengikat, pedoman dasar dalam menentukan kebijaksanaan dalam mengambil
keputusan, sebagai wakil perusahaan dan sebagai alat pengukuran maju
mundurnya kegiatan usaha dalam suatu organisasi. | en_US |