PELAKSANAAN ADMINISTRASI PENAKSIRAN BARANG DAN PELAYANAN KREDIT PADA PERUM PEGADAIAN CABANG TEGALBOTO JEMBER
Abstract
Setiap perusahaan pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama, yaitu
mendapatkan keuntungan. Keuntungan merupakan salah satu tolok ukur berhasil
tindaknya suatu perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya. Dalam penggapaian
tujuan yang diinginkan perusahaan juga membutuhkan suatu informasi yang dapat
menunjang kelancaran operasinya, dimana didalam pencapaian tujuan tersebut
banyak sekali faktor – faktor yang saling menunjang dan saling terkait satu sama
lainnya. Oleh karna itu sebelum menentukan langkah – langkah dalam mencapai
tujuan tersebut, maka perusahaan perlu menyusun suatu administrasi yang bertujuan
untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi pihak intern maupun ekstern
perusahaan. Pihak – pihak intern perusahaan memerlukan informasi keuangan dalam
kaitannya dengan kepentingan mereka.
Pada Perum Pegadaian sebagai lembaga perkreditan sangatlah penting
perannya dalam lingkungan masyarakat, namun terkadang masyarakat sering
dihadapkan pada dilema yang tidak jarang memaksa mereka memilih alternatif yang
sangat merugikan. Pada saat itulah memungkinkan mudah terjerat oleh pelepas uang
(lintah darat / praktek ijon) yang sebenarnya tidak perlu terjadi, apabila mereka
mengerti dan mau memanfaatkan jasa Perum Pegadaian.
Perusahaan Umum Pegadaian merupakan salah satu Badan Usaha Milik
Negara ( BUMN ) yang berberak pada pelayanan jasa – jasa vital ( publik unitilities )
yang menerima penitipan barang sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit dengan
mudah dam bunga yang relatif lebih rendah. Sehingga dengan demikian akan mampu
melayani kebutuhan modal dalam relatif singkat atau atas dasar hukum gadai atau
jasa taksiran yang telah ditetapkan. Dalam hal ini yang dimaksud dengan jasa taksiran
adalah layanan Perum Pegadaian yang bertujuan membantu masyarakat yang ingin
mengetahui keabsahan dari suatu barang yang dimiliki atau yang akan mereka miliki.