Show simple item record

dc.contributor.authorDian Purnomo
dc.date.accessioned2014-01-17T23:39:45Z
dc.date.available2014-01-17T23:39:45Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM070210191075
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16469
dc.description.abstractPelajaran matematika merupakan salah satu bagian dari ilmu pengetahuan alam, dan bersifat pasti. Disamping itu, dalam pembelajaran siswa dituntut untuk memahami dan menganalisis materi dengan cermat. Siswa tidak boleh hanya menghafal rumus atau hanya membaca saja. Oleh karena itu dalam pembelajaran perlu diterapkan beberapa strategi pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keaktifan siswa. Strategi pembelajaran banyak macamnya, diantaranya adalah strategi pembelajaran concept mapping dan strategi pembelajaran PQ4R. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Concept Mapping dan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi PQ4R. Penelitian ini mencoba untuk membandingkan hasil belajar mana yang lebih baik dari ke-2 strategi tersebut. Disamping itu, juga akan diteliti apakah kedua strategi tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah jenis eksperimen, yang membandingkan 2 strategi pembelajaran yaitu strategi concept mapping dan strategi PQ4R. pada penelitian ini, sampel yang dipilih adalah kelas X dan X di SMA Negeri 1 Kencong. Kelas X sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi pembelajaran dengan strategi concept mapping dan kelas X sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi pembelajaran dengan strategi PQ4R. Hasil penelitian diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberi pembelajaran dengan strategi concept mapping dan kelas yang diberi pembelajaran dengan strategi PQ4R. Selain itu, hasil penelitian membuktikan bahwa hasil belajar dari strategi pembelajaran concept mapping lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dari strategi pembelajaran PQ4R. Kenyataan lain dari hasil penelitian diperoleh, kedua strategi tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena beberapa faktor diantaranya bahwa kedua strategi cukup rumit untuk diterapkan dan alasan lain karena materi pembelajaran cukup sulit bagi siswa. Namun, dari hasil penelitian juga diperoleh bahwa kedua strategi pembelajaran tersebut dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191075;
dc.subjectStudi Perbandingan, Strategi Pembelajaran Concept Mapping, PQ4Ren_US
dc.titleSTUDI PERBANDINGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DAN PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECIT AND REVIEW ( AND THE ROOT FORM DI KELAS X SMA NEGERI 1 KENCONG TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record