• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMODELAN SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI NEGOROREJO II LUMBANG

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-paidisupri-7335-1-paidisu-o_1.pdf (289.5Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Paidi Supriyanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini didasarkan pada pengamatan awal di lapangan, yang menunjukkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V Negororejo II Lumbang masih sangat rendah. Hal ini dapat kita ketahui dari hasil tes kemampuan membaca puisi siswa sebelum dilaksanakan tindakan menunjukkan bahwa yang mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥ 65) hanya sebanyak 9 siswa dari total 18 orang siswa atau 50% dari jumlah siswa dan sisanya sebanyak 9 siswa masih belum mencapai ketuntasan nilai. Masalah rendahnya kemampuan membaca puisi siswa kelas V Negororejo II Lumbang tersebut dikarenakan oleh beberapa hal pertama siswa kesulitan dalam membacakan puisi, hal ini dapat dilihat dari cara membacakan puisi siswa masih menggunakan nada yang datar hanya sesekali memberikan penekanan kata dan siswa cenderung saling menyuruh jika disuruh membacakan puisi. Alasan kedua guru lebih memfokuskan menjelaskan materi kemudian guru menyuruh siswa membaca puisi di depan kelas dan tidak semua siswa mendapatkan kesempatan untuk membacakan puisinya, selain itu juga kurang sesuainya metode yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan puisi. Untuk mengatasi permasalahan itu digunakan teknik pemodelan, karena dalam pemodelan ini siswa dapat melihat secara langsung bagaimana cara pembacaan puisi yang baik dan benar. Model yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yang pertama guru kelas, yang kedua peneliti yang bertindak sebagai guru kelas dan rekaman pembacaan puisi, dan model yang ketiga adalah dengan menggunakan video pembacaan puisi yang diputar melalui media VCD dan televisi Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut; (1) Bagaimanakah penerapan teknik pemodelan yang dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V di SDN Negororejo II Lumbang; (2) Bagaimana kemampuan membaca puisi siswa kelas V di SDN Negororejo II Lumbang sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan. Selaras dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Penerapan membaca puisi dengan teknik pemodelan yang dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V di SDN Negororejo II Lumbang; (2) Kemampuan membaca puisi siswa kelas V di SDN Negororejo II Lumbang sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini bersifat kolaboratif. Penelitian ini dilaksanankan di SDN Negororejo II, dikarenakan kemampuan membaca puisi siswa kelas lima di SD tersebut masih rendah. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari observasi dan wawancara sedangkan data kuantitatif didapat dari nilai tes kemampuan siswa dalam membacakan puisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN Negororejo II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan pembahasan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca puisi siswa kelas V SDN Negororejo II masih rendah. Rendahnya kemampuan membaca puisi siswa pada siklus I terletak pada aspek intonasi dan aspek keberanian, sedangkan pada siklus II terletak pada aspek keberanian dan aspek penghayatan, tetapi permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan teknik pemodelan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16449
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository