PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENERAPKAN PERMAINAN BAHASA (LANGUAGE GAMES) PADA SISWA KELAS I SDN MLOKOREJO 05 PUGER - JEMBER TAHUN 2009/2010
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca siswa
kelas 1 SDN Mlokorejo 05 Puger tahun 2009/2010. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas I SD Negeri Mlokorejo 05 Puger tahun pelajaran 2009-2010 dengan
jumlah siswa 25 anak. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap
akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Data dikumpulkan melalui metode
tes, observasi dan wawancara.
Hasil observasi di prasiklus dari 25 siswa hanya 10 siswa yang mampu
membaca lancar ( nilainya diatas 60 ), sisanya belum lancar membaca ( nilai rataratanya
51,64 berarti daya serap terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia
membaca permulaan hanya sebesar 40%. Hasil penelitian pada siklus 1 jumlah
siswa yang mulai terampil/mampu membaca 12 siswa dengan ketuntasan klasikal
52% berada dalam kategori belum tuntas/belum terampil membaca. Pada siklus 2
jumlah siswa yang mulai terampil/mampu membaca 20 siswa dengan ketuntasan
klasikal 80% termasuk kategori tuntas/sudah mampu membaca. Dengan demikian
bila kita lihat dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah
menerapkan permainan bahasa dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.