PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII A SMP INKLUSI TAMAN PENDIDIKAN DAN ASUHAN (TPA) JEMBER DALAM MEMBACAKAN DAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN PENDEKATAN INTEGRATIF BERBANTUAN MEDIA AUDIO
Abstract
Penerapan pendekatan integratif berbantuan media audio di kelas VIIIA
SMP Inklusi TPA Jember dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas
VIIIA dalam membacakan dan menulis teks berita . Hal ini dilakukan karena
kemampuan membacakan dan menulis teks berita siswa rendah, untuk kemampuan
membacakan berita rata-rata total nilai siswa adalah 64,7, siswa yang mendapatkan
nilai di atas KKM adalah 9 siswa atau 0,45% dari keseluruhan 20 siswa. Sedangkan
kemampuan menulis teks berita rata-rata total nilai siswa adalah 59, siswa yang
mendapat nilai di atas KKM adalah 7 siswa atau 0,35 dari jumlah keseluruhan 20
siswa. Pendekatan integratif berbantuan media audio diaplikasikan untuk
meningkatkan kemampuan membaca dan menulis teks berita siswa. Hal ini
disebabkan karena pendekatan integratif berbantuan media audio memiliki beberapa
kelebihan, salah satunya adalah siswa dapat lebih efektif dan efisien dalam
mempelajari dua kompetensi dasar sekaligus, serta penggunaan media audio juga
dapat membuat siswa tidak mengalami kejenuhan dalam mengikuti proses
pembelajaran. Berdasarkan pernyataan tersebut, permasalahan yang dibahas dalam
penelitian ini adalah: (a) bagaimanakah proses pembelajaran membacakan dan
menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMP Inklusi TPA Jember dengan pendekatan
integratif berbantuan media audio?, (b) bagaimanakah peningkatan kemampuan
membaca dan menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMP Inklusi TPA Jember setelah
mengikuti pembelajaran berpendekatan integratif berbantuan media audio?. Sesuai
dengan permasalahan yang ada, tujuan yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan: (a) proses pembelajaran membaca dan menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMP
Inklusi TPA Jember dengan pendekatan integratif berbantuan media audio, (b)
peningkatan kemampuan membaca dan menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMP
Inklusi TPA Jember setelah mengikuti pembelajaran berpendekatan integratif
berbantuan media audio.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan
jenis penelitian kolaboratif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa nilai
tes membacakan dan menulis teks berita siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan
tindakan, Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Inklusi TPA
Jember yang berjumlah 20 orang siswa.
Hasil dari penerapan pendekatan integratif berbantuan media audio dalam
membacakan dan menulis teks berita adalah kemampuan membacakan dan menulis
teks berita siswa kelas VIII A dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan
hasil membacakan dan menulis teks berita siswa sebelum dilakukan tindakan
(prasiklus) dan setelah dilakukan tindakan (siklus I dan siklus II). Sebelum dilakukan
tindakan yaitu tahap prasiklus, rata-rata skor siswa untuk kemampuan membacakan
berita adalah 64,7 sedangkan setelah dilakukan tindakan (siklus I) rata-rata skor siswa
mencapai 68,25 dan pada siklus II mencapai 76,85. Sedangkan untuk menulis teks
berita adalah 59 sedangkan setelah dilakukan tindakan (siklus I) rata-rata skor siswa
mencapai 66,1 dan pada siklus II mencapai 88,1.
Selanjutnya dari hasil penelitian ini dapat diberikan saran: (1) bagi guru
hendaknya lebih memanfaatkan keadaan di sekitar siswa untuk membantu siswa
dalam proses pembelajaran, utamanya menulis teks berita. Guru hendaknya mencari
contoh dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan
diajarkan pada siswa, agar siswa dapat memahami pembelajaran seutuhnya. Siswa
hendaknya dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran
menjadi lebih bermakna. (2) bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan
sebagai bahan acuan untuk melakukan penelitian yang sejenis.