• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII A SMP INKLUSI TAMAN PENDIDIKAN DAN ASUHAN (TPA) JEMBER DALAM MEMBACAKAN DAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN PENDEKATAN INTEGRATIF BERBANTUAN MEDIA AUDIO

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-pipitermaw-5729-1-pipiter-i_1.pdf (575.5Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Pipit Ermawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan pendekatan integratif berbantuan media audio di kelas VIIIA SMP Inklusi TPA Jember dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIIIA dalam membacakan dan menulis teks berita . Hal ini dilakukan karena kemampuan membacakan dan menulis teks berita siswa rendah, untuk kemampuan membacakan berita rata-rata total nilai siswa adalah 64,7, siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM adalah 9 siswa atau 0,45% dari keseluruhan 20 siswa. Sedangkan kemampuan menulis teks berita rata-rata total nilai siswa adalah 59, siswa yang mendapat nilai di atas KKM adalah 7 siswa atau 0,35 dari jumlah keseluruhan 20 siswa. Pendekatan integratif berbantuan media audio diaplikasikan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis teks berita siswa. Hal ini disebabkan karena pendekatan integratif berbantuan media audio memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah siswa dapat lebih efektif dan efisien dalam mempelajari dua kompetensi dasar sekaligus, serta penggunaan media audio juga dapat membuat siswa tidak mengalami kejenuhan dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan pernyataan tersebut, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (a) bagaimanakah proses pembelajaran membacakan dan menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMP Inklusi TPA Jember dengan pendekatan integratif berbantuan media audio?, (b) bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca dan menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMP Inklusi TPA Jember setelah mengikuti pembelajaran berpendekatan integratif berbantuan media audio?. Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan: (a) proses pembelajaran membaca dan menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMP Inklusi TPA Jember dengan pendekatan integratif berbantuan media audio, (b) peningkatan kemampuan membaca dan menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMP Inklusi TPA Jember setelah mengikuti pembelajaran berpendekatan integratif berbantuan media audio. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan jenis penelitian kolaboratif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa nilai tes membacakan dan menulis teks berita siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan, Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Inklusi TPA Jember yang berjumlah 20 orang siswa. Hasil dari penerapan pendekatan integratif berbantuan media audio dalam membacakan dan menulis teks berita adalah kemampuan membacakan dan menulis teks berita siswa kelas VIII A dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil membacakan dan menulis teks berita siswa sebelum dilakukan tindakan (prasiklus) dan setelah dilakukan tindakan (siklus I dan siklus II). Sebelum dilakukan tindakan yaitu tahap prasiklus, rata-rata skor siswa untuk kemampuan membacakan berita adalah 64,7 sedangkan setelah dilakukan tindakan (siklus I) rata-rata skor siswa mencapai 68,25 dan pada siklus II mencapai 76,85. Sedangkan untuk menulis teks berita adalah 59 sedangkan setelah dilakukan tindakan (siklus I) rata-rata skor siswa mencapai 66,1 dan pada siklus II mencapai 88,1. Selanjutnya dari hasil penelitian ini dapat diberikan saran: (1) bagi guru hendaknya lebih memanfaatkan keadaan di sekitar siswa untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, utamanya menulis teks berita. Guru hendaknya mencari contoh dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan pada siswa, agar siswa dapat memahami pembelajaran seutuhnya. Siswa hendaknya dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. (2) bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk melakukan penelitian yang sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16443
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository