PENERAPAN POLAMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 6 JAJAG BANYUWANGI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2009 / 2010
Abstract
Dunia pendidikan tidak pernah lepas dari persoalan-persoalan yang dituntut
oleh perkembangan jaman. Salah satu usaha untuk mengatasi persoalan tersebut
antara lain mengembangkan metode atau cara mengajar yang efektif dan berkualitas.
Polamatika adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah
berhitung perkalian dan pembagian. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah (1)
mengkaji penerapan Polamatika pada Sub Pokok Bahasan Operasi Perkalian dan
Pembagian Pecahan, (2) mengkaji aktivitas siswa selama penerapan Polamatika pada
Sub Pokok Bahasan Operasi Perkalian dan Pembagian, (3) mengkaji pencapaian hasil
belajar siswa setelah penerapan Polamatika pada Sub Pokok Bahasan Operasi
Perkalian dan Pembagian Pecahan.
Pengambilan data dilakukan di Kelas V SD Negeri 6 Jajag Banyuwangi.
Penelitian dimulai hari Senin, tanggal 01 Februari 2010 sampai dengan 06 Februari
2010.Jenis penelitiannya adalah Peneitian Tindakan Kelas ( PTK ). Sedangkan
pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah siswa menjadi lebih mudah dan
cepat menghitung perkalian dan pembagian menggunakan metode polamatika. Selain
itu, pada pembelajaran kooperatif, siswa cenderung untuk aktif. Ketuntasan belajar
siswa secara klasikal juga dapat tercapai.
Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian dan pembahasan adalah
penerapan Polamatika pada Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu metode Polamatika dapat dijadikan alternative dalam
pembelajaran matematika.
P. Matematika, P.MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Jember.