• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN POLAMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 6 JAJAG BANYUWANGI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2009 / 2010

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-pipitpuspi-7304-1-pipitpu-i_1.pdf (520.4Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    PIPIT PUSPITASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dunia pendidikan tidak pernah lepas dari persoalan-persoalan yang dituntut oleh perkembangan jaman. Salah satu usaha untuk mengatasi persoalan tersebut antara lain mengembangkan metode atau cara mengajar yang efektif dan berkualitas. Polamatika adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah berhitung perkalian dan pembagian. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah (1) mengkaji penerapan Polamatika pada Sub Pokok Bahasan Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan, (2) mengkaji aktivitas siswa selama penerapan Polamatika pada Sub Pokok Bahasan Operasi Perkalian dan Pembagian, (3) mengkaji pencapaian hasil belajar siswa setelah penerapan Polamatika pada Sub Pokok Bahasan Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan. Pengambilan data dilakukan di Kelas V SD Negeri 6 Jajag Banyuwangi. Penelitian dimulai hari Senin, tanggal 01 Februari 2010 sampai dengan 06 Februari 2010.Jenis penelitiannya adalah Peneitian Tindakan Kelas ( PTK ). Sedangkan pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah siswa menjadi lebih mudah dan cepat menghitung perkalian dan pembagian menggunakan metode polamatika. Selain itu, pada pembelajaran kooperatif, siswa cenderung untuk aktif. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga dapat tercapai. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian dan pembahasan adalah penerapan Polamatika pada Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu metode Polamatika dapat dijadikan alternative dalam pembelajaran matematika. P. Matematika, P.MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16442
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository