Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellence) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Pelayanan PT. Sriwijaya Air Distrik Malang
Abstract
Pelayanan prima (service excellence) merupakan salah satu wujud kepedulian
kepada pelanggan dengan memberikan layanan terbaik untuk memfasilitasi
kemudahan pemenuhan kebutuhan dan mewujudkan kepuasannya. Pelayanan prima
digunakan sebagai strategi dalam memenangkan persaingan, alat promosi, serta
menjadi indikator kepedulian dan orientasi perusahaan pada kepuasan pelanggan.
Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh penerapan pelayanan prima (service
excellence) terhadap kepuasan pelanggan. Pelayanan prima dalam penelitian ini
menitikberatkan pada faktor personality yang terdiri dari: Kemampuan (ability), sikap
(attitude), penampilan (apperance), perhatian (attention), tindakan (action), tanggung
jawab (accountability).Sampel penelitian adalah sebanyak 100 orang pelanggan PT.
Sriwijaya Air Distrik Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
metode purposive sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah
regresi linier berganda dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Hasil analisis
menunjukkan bahwa secara simultan keenam variabel bebas di atas memiliki
pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pengujian secara parsial
memberikan kesimpulan bahwa kemampuan (ability), penampilan (apperance),
perhatian (attention), tindakan (action) dan tanggung jawab (accountability) memiliki
pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan sikap (attitude)
tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Sriwijaya Air
Distrik Malang.