PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DI SDN JEMBER LOR 02 TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran
2011/2012 dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang
pada masa penjajahan Belanda masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut
disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: penyampaian materi sebagian besar
dilakukan dengan metode ceramah tetapi hendaknya divariasikan dengan metode lain
yang memungkinkan peserta didik untuk aktif, evaluasi yang diberikan hanya sebatas
mengerjakan soal tulis saja. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan
untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah pembelajaran PAKEM.
Masalah penelit ian ini dirumuskan sebagai berikut, (1) Bagaimanakah
peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda melalui penerapan
strategi pembelajaran PAKEM di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012?,
(2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS
pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda melalui
penerapan strategi pembelajaran PAKEM di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran
2011/2012?. Selaras dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelit ian
ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V pada mata
pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan
Belanda melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada
mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM di SDN
Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012.
Penelit ian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas V SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 melalui strategi pembelajaran
PAKEM. Pengambilan data dilaksanakan di SDN Jember Lor 02, dimulai pada
tanggal 02 April 2012 sampai 27 April 2012. Subyek penelit ian adalah siswa kelas V
SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 40 siswa, terdiri dari
22 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan.
Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPS
melalui strategi pembelajaran PAKEM menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa
mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus
I mencapai 60%, dan pada siklus II mencapai 90%, persentase tersebut termasuk
dalam kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan
sebesar 30% dari siklus I ke siklus II.
Persentase hasil belajar siswa secara klasikal untuk siklus I 60% dari seluruh
jumlah siswa, yang t idak tuntas 16 siswa. Untuk siklus II ada peningkatan, siswa
yang t idak tuntas berkurang menjadi 5 siswa dengan persentase 87,5% secara
klasikal.
Kesimpulan dari penelit ian ini adalah penerapan strategi pembelajaran PAKEM
dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN
Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang dapat diberikan adalah hasil
penelit ian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai motivasi untuk melakukan
penelit ian sejenis sekaligus pengembangannya, selain itu diharapkan guru dan pihak
sekolah dapat terus menerapkan strategi pembelajaran PAKEM sebagai sumbangan
pemikiran demi meningkatkan mutu pendidikan.