Penentuan Strategi Pemasaran Berbasis Matrik Boston Consulting Group (BCG) Pada Hotel Panorama Jember
Abstract
Penelitian ini dilakukan sebagai studi empiris atau runtut
waktu yang didasarkan pada fakta atau pengalaman untuk mengetahui posisi kelas
kamar Hotel Panorama Jember terhadap kelas kamar serupa dari pesaingnya.
Objek dari penelitian ini adalah Hotel Panorama Jember dengan para
pesaing pokoknya yaitu Hotel Sulawesi dan Hotel Kebon Agung. Periode
pengambilan data mulai dari tahun 2002 sampai dengan 2006. Penelitian ini
menggunakan analisis trend sekuler non linier dengan metode kuadratik, yaitu
metode yang digunakan untuk meramalkan trend yang terjadi pada tahun
berikutnya, dilanjutkan dengan Matrik Boston Consulting Group (BCG) yang
digunakan untuk menentukan posisi kelas kamar (Question Mark, Star, Cash Cow
dan dog).
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu tingkat pertumbuhan pasar
Hotel Panorama Jember yang mencerminkan tinggi rendahnya peluang bisnis
yang tersedia pada tahun 2007 adalah sebesar -35% untuk standart room; -35%
untuk deluxe room dan -36% untuk executive room. Pangsa pasar relatif yang
menggambarkan perbandingan antara besarnya volume tingkat hunian Hotel
Panorama Jember dengan pesaing utamanya yaitu Hotel Sulawesi adalah sebesar
0,37x untuk standart room; 1,36x untuk deluxe room dan 0,59x untuk executive
room. Market Share Hotel Panorama Jember yang menggambarkan perbandingan
persentase peningkatan jumlah tingkat hunian kamar yang menunjukkan kekuatan
Hotel Panorama Jember dalam merebut pasar pada tahun 2007 adalah sebesar
17,5% untuk standart room; 26% untuk deluxe room dan 19,5% untuk executive
room.
Posisi persaingan antara Hotel Panorama Jember dengan kedua pesaing
utamanya untuk standart room dan executive room berada pada posisi dog,
dimana bisnis yang ada pada posisi ini memiliki pangsa pasar dan pertumbuhan
pasar yang rendah. Sedangkan untuk deluxe room berada pada posisi cash cow,
dimana pada posisi ini pangsa pasar cukup tinggi dan pertumbuhan pasar yang
rendah. Strategi yang dianjurkan adalah strategi stabilitas untuk standart room
dan strategi kombinasi untuk deluxe room dan executive room.