• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Medical
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Medical
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK TUNA GRAHITA DI SDLB BAGIAN C JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    9 Daftar Isi.pdf (15.91Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    LINTANG DESI ARIYANTI PUTRI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu hambatan perkembangan yang dialami oleh seorang anak adalah retardasi mental. Retardasi mental adalah suatu keadaan perkembangan mental yang terhenti atau tidak lengkap, ditandai oleh adanya kelemahan (impaiment) keterampilan atau kecakapan (skills) selama masa perkembangan sehingga berpengaruh kepada semua tingkat intelegensia, yaitu kemampuan kognitif, bahasa, motorik, dan sosial. Apabila intelegensinya mengalami hambatan dalam perkembangan, maka akan mempengaruhi cara kerja kognitifnya. Orang tua bertugas sebagai pengasuh, pembimbing, pemelihara, dan sebagai pendidik terhadap anak- anaknya. Antara orang tua satu dengan yang lainnya terdapat perbedaan dalam menggunakan pola asuh. Terdapat beberapa macam pola asuh orang tua. Macam- macam pola asuh dibedakan atas pola asuh demokratis, otoriter, dan laizes faire (kebebasan). Pola asuh yang dipilih orang tua dalam membimbing dan mendidik anak retardasi mental berbeda dengan anak yang normal, yang mengharuskan orang tua melakukan penyesuaian diri dalam mendidiknya sehingga akan membantu perkembangan anak retardasi mental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak tuna grahita di SDLB Bagian C Jember. Penelitian dilakukan di SDLB Bagian C Jember pada bulan Juli - September 2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional. Sampel penelitian adalah orang tua anak tuna grahita di SDLB Bagian C Jember. Pengambilan sampel diambil secara total sampling dan didapatkan sebanyak 35 responden. Data diperoleh dengan menggunakan lembar kuesioner pola asuh. Hasil pengisian lembar kuesioner akan disajikan dalam bentuk tabel dengan skala data rasio, selanjutnya dicari hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak tuna grahita. Data pola asuh dan prestasi anak tuna grahita memiliki skala data rasio. Untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak tuna grahita di SDLB bagian C Jember, digunakan analisis data korelasi pearson dan analisis lanjutan untuk faktor pendukung menggunakan uji korelasi spearman dengan bantuan program SPSS 11.5. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua otoriter dan demokratis dengan prestasi belajar akan tetapi tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh permisif dengan prestasi belajar. Sedangkan status pendidikan dan pekerjaan orang tua menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara status pendidikan dan pekerjaan orang tua dengan pola asuh baik otoriter, permisif dan demokratis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16343
    Collections
    • UT-Faculty of Medical [1539]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository