Show simple item record

dc.contributor.authorJuwita Fibriyanti, Ratna
dc.date.accessioned2014-01-17T07:55:38Z
dc.date.available2014-01-17T07:55:38Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM050210192072
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16331
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, berupa penemuan, penguasaan konsep, atau prinsip-prinsip serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkan pengetahuan didalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu siswa tidak hanya sekedar menghafalkan rumus, tetapi siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuan dalam diri mereka sendiri dengan peran aktifnya dalam proses belajar mengajar di sekolah. Hasil observasi awal (prasiklus) di kelas VII C SMP Negeri 12 Jember, ditemukan aktivitas belajar siswa masih rendah. Hal ini berdasarkan analisis data observasi awal dari 40 siswa hanya 38.33% siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru; 35% siswa yang aktif mencatat; dan 24.17% siswa yang aktif bertanya. Aktivitas belajar siswa memegang peranan penting dalam pencapaian hasil belajar yang maksimal. Berdasarkan data hasil post-test prasiklus kelas VII C menunjukkan dari 40 siswa hanya 12.5% yang mendapatkan nilai ≥ 70; sedangkan 87.5% siswa lainnya mendapatkan nilai < 70. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran kreatif dan produktif disertai presentasi tugas untuk meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII C SMP Negeri 12 Jember. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa melalui model pembelajaran kreatif dan produktif disertai presentasi tugas pada siswa kelas VII C SMP Negeri 12 Jember. 2) Untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa melalui model pembelajaran kreatif dan produktif disertai presentasi tugas pada siswa kelas VII C SMP Negeri 12 Jember. Model ini memiliki kelebihan yaitu dapat melatih siswa berfikir mandiri melalui eksperimen, serta efektif membentuk siswa untuk bekerjasama dalam kelompok dengan latar belakang berbeda, selain itu menumbuhkan sikap kreatif karena siswa tidak dibatasi dalam mengembangkan ide serta pendapatnya sehingga dapat menciptakan sikap produktif. Sedangkan presentasi tugas mempunyai kelebihan yaitu menumbuhkembangkan sikap saling menghargai, tanggungjawab serta percaya diri yang membuat siswa dapat berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan di kelas VII C SMP Negeri 12 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, post-test, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, sedangkan persentase aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan pada siklus I telah mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa mencapai 69.17% dan berada pada kategori aktif. Pada siklus II aktivitas belajar siswa telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 84.99% dan berada dalam kategori sangat aktif. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya tindakan adalah sebesar 12.5%, pada pembelajaran siklus I sebesar 50 % dan pada siklus II sebesar 97.50%. Pada siklus I dan siklus II ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran kreatif dan produktif disertai presentasi tugas pada siswa kelas VII C SMP Negeri 12 Jember tahun pelajaran 2010/2011 mengalami peningkatan dengan persentase 84.99% pada kategori sangat aktif; (2) Persentase ketuntasan hasil belajar dengan model pembelajaran kreatif dan produktif disertai presentasi tugas pada siswa kelas VII C SMP Negeri 12 Jember tahun pelajaran 2010/2011 mengalami peningkatan yang sangat signifikan sebesar 97.5% dengan kategori tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210192072;
dc.subjectMeningkatkan Aktivitas, Ketuntasan Hasil Belajar Fisika, Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif, Presentasi Tugas, Siswa Kelas VII C SMP Negeri 12en_US
dc.titleMeningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Dengan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif Disertai Presentasi Tugas Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 12 Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record