• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • Karya Deposit Ilmiah
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • Karya Deposit Ilmiah
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penggunaan Media Tiruan Untuk Meningkatkan Keterampilan dan Pemahaman Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri Arjasa Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013 Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Mencatat Transaksi ke Dalam Jurnal Umum Pada Perusahaan Jasa)

    Thumbnail
    View/Open
    titin kartini.pdf (10.48Kb)
    Date
    2013-11-22
    Author
    Novitasari, Friska Eris
    Kartini, Titin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa dengan menggunakan media tiruan bukti transaksi pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Arjasa mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar mencatat transaksi ke dalam jurnal umum pada perusahaan jasa semester genap tahun pelajaran 2012-2013. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive area yaitu siswa kelas XI IPS 3 yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara, tes dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa (1) hasil observasi keterampilan siswa serta aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran; (2) hasil tes pemahaman siswa melalui post test. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, yang masing-masing terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Arjasa meningkat dari rendah menjadi tinggi, begitu pula dengan pemahaman siswa meningkat dari belum tuntas menjadi tuntas secara klasikal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1629
    Collections
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan [298]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository