ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MAHASISWA BARU STRATA SATU TAHUN 2012 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER DALAM MEMBELI MAKANAN DI RUMAH MAKAN DI JEMBER
Abstract
Industri makanan merupakan industri yang menjanjikan di Indonesia maupun di dunia. Hal ini dikarenakan semua orang yang hidup di dunia sangat membutuhkan makan. Bisnis ini sangat cocok didirikan di daerah kampus. Karena banyaknya mahasiswa yang ada di daerah kampus maka konsumsi akan pangan juga banyak. Universitas Jember merupakan salah satu universitas negeri yang ada di pulau jawa. Banyaknya penjual makanan yang ada di daerah kampus Universitas Jember mengakibatkan persaingan semakin ketat. Mahasiswapun semakin selektif dalam membeli makanan di rumah makan. Berbagai pertimbangan menjadi alasan dalam membeli makanan di rumah makan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi mahasiswa baru Strata satu tahun 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Jember dalam membeli makanan di rumah makan di Jember serta faktor mana yang paling dominan memengaruhi mahasiswa baru Strata satu tahun 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Jember dalam membeli makanan di rumah makan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi (exploratory research). Populasi dari penelitian ini adalah Mahasiswa baru Strata satu tahun 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Sampel yang terpilih sebanyak 115 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis faktor dan confirmatory factor analysis (CFA) yaitu menganalisis data dengan melakukan perhitungan-perhitungan menurut metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan program SPSS dan Amos.
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa dihasilkan lima faktor baru yang memengaruhi mahasiswa baru Strata satu tahun 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Jember dalam membeli makanan di rumah makan yaitu terdiri dari faktor keyakinan, faktor kenyamanan, faktor kebersihan, faktor menu, dan faktor harga. Faktor yang paling dominan adalah faktor harga, faktor kebersihan dan faktor kenyamanan. Oleh karena itu, pihak pengusaha makanan perlu memperhatikan dan mempertimbangkan faktor harga dan faktor kebersihan untuk menarik minat konsumen , sehingga penjual makanan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dan dapat menjaga kelangsungan hidup perusahaan.