HUBUNGAN ANTARA CARA IBU DALAM MENDIDIK ANAK DENGAN KEMANDIRIAN ANAK DI TK RAUDHATUL ULUM JL . NANGKA RAYA IA PERUMNAS PATRANG JEMBER TAHUN 2007
Abstract
Latar belakang pemilihan Masalah ini adalah: Bahwa pendidikan keluarga
sangat penting , karena bisa mempengaruhi terhadap perkembangan dan tingkah laku ,
terutama dalam menjalani kehidupannya diluar rumah. Pendidikan dalam rumah yang
di berikan dengan baik dapat membuat anak mampu bersikap mandiri pada
lingkungan. Cara mengasuh anak yang dilakukan di tiap – tiap keluarga adalah
berbeda – beda satu sama lain . Perbedaan cara mengasuh yang dilakukan oleh Ibu
terhadap anaknya tergantung pada sifat – sifat dan kepribadian serta kebiasaan orang
tua dan anaknya, bahkan tidak sedikit dalam mengasuh anak Ibu tidak mengerti
bagaimana mengasuh anak yang baik.
Cara mengasuh anak bermacam – macam misalnya dengan cara pemaksaan
kehendak (otoriter ), Hak yang sama ( demokratis ) dan cara pelimpahan keputusan
pada anak ( laizzes faire ), bahkan ada yang situasional dengan cara menggabung
antara cara Ibu mendidik anakdengan otoriter dan laizzes faire. Cara mengasuh yang
dimiliki oleh seorang Ibu untuk mempengaruhi anak, mendorong, menggerakkan,
untuk mencapai tujuan bersama dalam keluarga, ini merupakan sikap atau cara
mengasuh anak yang bersifat mandiri atas pertumbuhan dan perkembangan anak
dalam rangka proses pembentukan kepribadian anak.
Bimbingan orang tua dapat membawa pertumbuhan dan perkembangan yang
lebih baik terhadap aktivitas anak.ibu dapat mengarahkan dan mengatasi segala
kesulitan - kesulitan yang dihadapi putra – putrinya. Hal ini bertujuan untuk mencapai
cara ibu mendidik anak yang lebih baik, sedangkan masalah dalam penelitian ini
adalah: adakah hubungan antara cara ibu dalam mendidik anak dengan kemandirian
anak di TK Raudhatul Ulum JL. Nangka Raya IA Perumnas Patrang Jember.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua variebel yaitu: (1) cara ibu
dalam mendidik anak sebagai variabel bebas (x) dan (2) Kemandirian anak sebagai
variabel terikat (y), sedangkan hipotesis kerjanya yaitu: ada hubungan antara cara ibu
mendidik anak dengan kemandirian anak, dan dalam penelitian ini menggunakan
metode purposive reseach yaitu menetapkan daerah penelitian disuatu tempat tertentu.