Analisis Tingkat kognitif Soal Pilihan Ganda pada Buku Teks Ekonomi untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Jember
Abstract
Soal-soal latihan dalam buku teks dapat membantu guru dalam proses evaluasi. Soal latihan pilihan ganda bisa mencakup materi lebih luas daripada soal-soal uraian. Tujuan
dari penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian bentuk tingkat kognitif, kesesuaian antara tingkat kognitif dengan kurikulum, serta kriteria ukuran soal dalam soal-soal pilihan
ganda pada buku teks pelajaran Ekonomi yang digunakan di SMA Negeri 3 Jember terbitan Ganeca Exact dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan
observasi. Analisis tingkat kognitif dari soal pilihan ganda dalam latihan akhir menunjukkan bahwa 17 soal atau 42,5% merupakan aspek pengetahuan(c1), 7 soal atau 17,5% meru[pakan aspek pemahaman(c2), 8 soal atau 20% meruakan aspek penerapan (c3), 8 soal atau 20% merupakan aspek analisis(c4) dan 0% untuk c5 dan c6. Validitas isi dari buku teks ekonomi berjudul "manusia dan perilaku ekonomi" terbitan Ganeca Exact tahun 2007 tergolong cukup bagus karena dari ke-40 soalnya valid. Berdasarkan validitas silabus dan kurikulum soal-soal latihan tidaklah valid, karena hanya ada 11 soal yang valid dan 29 soal tidak valid. Berdasarkan pendapat Sodjana, kriteria soal adalah 3: 4: 3 untuk mudah: sedang: sulit. Dalam buku teks ini, kriteria soal-soal pilihan ganda adalah 6:4:0. Jadi, buku teks pelajaran ekonomi terbitan Ganeca Exact kelas X di SMA Negeri 3 Jember tidak memenuhi kriteria soal yang bagus.