PENGARUH PUBLIC RELATION TERHADAP BRAND EQUITY DAN BRAND IMAGE BATIK MAREM LUMAJANG
Abstract
Industri batik saat ini menjadi industri primadona dalam dunia Industri
Kecil Menengah di Jawa Timur. Ada beberapa industri batik khas Kabupaten
Lumajang, salah satunya adalah Industri Batik Marem Lumajang. Perkembangan
industri Batik Marem yang cukup pesat ini bertujuan untuk mewujudkan
kedaulatan sandang, ekonomi, dan budaya serta rasa nasionalisme yang tinggi
kepada masyarakat Lumajang khususnya dan warga negara Indonesia pada
umumnya. Dengan semangat yang tinggi dan rasa peduli dengan kegiatan sosial,
Batik Marem memiliki keunikan tersendiri serta menggunakan public relation
untuk membangun sebuah merek dan memperkenalkannya kedalam masyarakat
luas. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh industri ini melalui cara-cara yang
sangat merakyat untuk menarik hati semua masyarakat untuk tetap memilih
produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah
public relation berpengaruh terhadap brand equity dan brand image serta apakah
brand equity berpengaruh terhadap brand image pada Batik Marem Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research).
Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Batik Marem Lumajang. Sampel
pemelitian sebanyak 100 responden yang mengetahui produk dan kegiatan public
relation Batik Marem Lumajang. Metode pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling. Metode analisis data menggunakan Structural Equation
Modeling (SEM).
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa public relation
berpengaruh signifikan terhadap brand equity dan brand image serta brand equity
juga berpengaruh signifikan terhadap brand image pada Batik Marem Lumajang.
Oleh karena itu, pihak Batik Marem Lumajang perlu memperhatikan dan
mengembangkan kegiatan public relation untuk mempertahankan dan
membangun ekuitas merek dan citra merek dengan baik, sehingga konsumen tetap
memilih produk Batik Marem Lumajang sebagai pilihan pertama dibenak mereka.