ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT BINA SEHAT JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan
dan Loyalitas pasien Rawat Inap Rumah Sakit Bina Sehat Jember akan
menjelaskan seberapa besar pengaruh variabel bukti fisik, keandalan, daya
tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan dan loyalitas pasien Rawat Inap
Rumah Sakit Bina Sehat Jember. Pada penelitian ini digunakan metode path
analysis dengan pendekatan regresi linier berganda. Alasan digunakan path
analysis adalah untuk memudahkan peneliti untuk mengetahui pengaruh
langsung, pengaruh tidak langsung, dan pengatuh total antar variabel yang
bersangkutan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3.359 Orang dan teknik
pengambilan sampling yang digunakan adalah Proportional Stratified Random
Sampling dengan responden sebanyak 97 orang. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa ada tiga variabel yang mempengaruhi Kepuasan Pasien
yaitu bukti fisik, jaminan, empati dan ada dua variabel yang tidak mempengaruhi
Kepuasan Pasien yaitu keandalan dan daya tanggap. Variabel yang
mempengaruhi Loyalitas Pasien yaitu keandalan dan kepuasan pasien. Sedangkan
variabel yang tidak mempengaruhi Loyalitas Pasien yaitu bukti fisik, daya
tanggap, jaminan dan empati.
Kata Kunci : Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati,
Kepuasan Pasien Dan Loyalitas Pasien