PELAKSANAAN TIKETING PADA STASIUN KERETA API (PERSERO) DAOP IX JEMBER
Abstract
Lingkup kegiatan perusahaan kereta api sangat luas. Wilayah operasinya sampai
ribuan kilometer, sarana dan prasarana yang dimiliki dan dioperasikan sangat banyak
tersebar di seluruh wilayah operasi, muatan yang diangkut dalam satu tahun mencapai
puluhan juta penumpang. Karena itu perusahaan kereta api ditandai oleh organisasinya
yang kompleks, namun dihadapkan dengan hal-hal kecil yang harus ditangani yang
berhubungan dengan masalah pemeliharaan, pengawasan dan perbaikan peralatan dan
pelaksanaan kegiatan operasinya. Pelaksanaan Praktek Kerja Nyata dilaksanakan di
stasiun Kereta Api Jember tanggal 3 Maret – 5 April 2008. Dalam upaya peningkatan
industri pariwisata tersebut PT. Kereta Api melakukan berbagai cara seperti : pelayanan
dalam penjualan tiket harus sangat ramah, kenyamanan dalam perjalanan seperti fasilitas
yang harus dipenuhi, kebersihan dan keamanan yang lebih ditingkatkan. Selain itu juga
dilakukan analisis SWOT yang didalamnya memuat kekuatan, kelemahan, ancaman,
peluang yang ada di stasiun Jember.
Penggunaan metode penulisan laporan Praktek Kerja Nyata dengan cara
mengumpulkan data atau info khususnya pada stasiun Kereta Api Jember mengenai
pelayanan tiketing.
Hasil yang diperoleh secara langsung dalam pelaksanaan Praktek Kerja nyata pada
stasiun Jember adalah mendapatkan kesempatan mengetahui secara langsung bagaimana
pelaksanaan tiketingnya..
Praktek Kerja Nyata pada Stasiun Kereta Api Jember ini dilaksanakan dengan surat
tugas no : 1830/H25.1.2/PS.8/2008 D III Pariwisata Fakultas Ilmu Sosial dan Politik