• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS VIII E SMP NEGERI 1 BALUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (67)xx_1.pdf (653.6Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    ARIK AGUK WARDOYO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan data pra siklus yang dilakukan pada tanggal 24 Januari 2012 di kelas VIII E SMP Negeri 1 Balung, ditemukan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa tergolong masih rendah. Berdasarkan data hasil pra siklus, dari 35 siswa menunjukkan hanya 57% siswa yang memperhatikan penjelasan guru, 66% siswa yang aktif mencatat, 6% siswa yang bertanya, 60% siswa yang mengerjakan tugas, 3% siswa yang menjawab pertanyaan guru. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Balung juga masih rendah. Berdasarkan data ulangan harian kelas VIII E dari 35 siswa hanya 69% yang mendapatkan nilai ≥ 75 sedangkan 31% siswa lainnya mendapatkan nilai < 75. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction pertanyaan, dapat memotivasi siswa dalam belajar, membuat siswa lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII E SMP Negeri 1 Balung tahun ajaran 2011/2012 yang dimulai tanggal 24 Januari 2012 sampai dengan 7 Februari 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan siswa. Data tentang aktifitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil post test dan observasi. Aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa yang meliputi mendengarkan penjelasan guru, mengerjakan tugas, bertanya, melakukan ekpserimen, diskusi, presentasi, menjawab pertanyaan dan mencatat mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis hasil belajar fisika pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 77%. Siklus 2 diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 83%. Dari hasil di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16206
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository