ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMILIH CAFE CAMPUS RESTO
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih Cafe Campus Resto. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih Cafe Campus Resto. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Café Campus Resto.
Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 75 orang. Variabel yang digunakan yaitu sebanyak 15 variabel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor. Analisis faktor digunakan untuk mereduksi data, yaitu proses untuk meringkas sejumlah variabel menjadi lebih sedikit sehingga ditemukan faktor baru dan faktor pembentuknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 variabel yang dijadikan sebagai indikator penelitian, terbentuk 4 faktor baru yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih Cafe Campus Resto. Faktor 1, yaitu faktor cita rasa makanan dengan variabel pembentuknya terdiri dari variabel cita rasa makanan, jam buka, kecepatan waktu penyajian, dan lokasi. Faktor 2, yaitu faktor reputasi cafe dengan variabel pembentuknya terdiri dari variabel keramahan pelayanan, rekomendasi kerabat, dan reputasi cafe. Faktor 3, yaitu faktor fasilitas memadai dengan variabel pembentuknya terdiri dari variabel harga, variabel fasilitas memadai, dan kondisi ruangan. Faktor 4, yaitu faktor lahan dan keamanan parkir dengan variabel pembentuknya terdiri dari variabel lahan dan keamanan parkir dan kebersihan ruangan dan peralatan.