Show simple item record

dc.contributor.authorImawatin, Sri
dc.contributor.authorPurnomo, Bambang Hari
dc.date.accessioned2013-11-22T07:20:19Z
dc.date.available2013-11-22T07:20:19Z
dc.date.issued2013-11-22
dc.identifier.issn1907-9990
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1619
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk membuktikan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X.6 SMA Negeri 1 Jatiroto Kabupaten Lumajang. Jadi rumusan masalah yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran ekonomi dengan diterapkannya asesmen kinerja dan seberapa besar peningkatan hasil belajar ekonomi dengan diterapkannya asesmen kinerja pada siswa kelas X 6 SMA Negeri 1 Jatiroto kabupaten Lumajang semester genap tahun ajaran 2011/2012. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X.6 SMA Negeri 1 Jatiroto yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 20 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari: metode observasi, metode wawancara, metode tes, metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II diketahui bahwa penerapan asesmen kinerja dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata persentase aktivitas siswa dalam setiap pertemuan mengalami peningkatan yaitu pada siklus I pertemuan pertama 54%, pertemuan kedua mencapai 61%, pertemuan ketiga pada siklus II 69% dan pertemuan terakhir mencapai 80%. Ketuntasan belajar secara individu maupun klasikal juga mengalami peningkatan dan telah mencapai SKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal yang dicapai oleh siswa pada siklus I sebesar 71% meningkat menjadi 83% pada siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseriesJurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Jember;Volume VIII Edisi 1 November 2013
dc.subjectAsesmen Kinerja, aktivitas belajar siswa dan hasil belajaren_US
dc.titlePenerapan Asesmen Kinerja Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ekonomi (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menjelaskan Konsep PDB, PDRB, PNP, dan Pendapatan Nasional Kelas X6 Semester Genap di SMA Negeri 1 Jatiroto Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2011/2012)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record