• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN PUZZLE PADA SISWA KELAS V SDN SENDANGREJO 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Intan Prawesti-FKIP.pdf (494.6Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Intan Prawesti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak faktor yang menentukan keberhasilan proses belajar mengajar, diantaranya yang paling dominan adalah faktor guru, siswa dan sarana pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) peningkatan aktivitas belajar pokok bahasan pesawat sederhana 2) Peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan pesawat sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sendangrejo 2 Kecamatan Bogorejo Kab. Blora dengan jumlah siswa 16 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran siklus I dan siklus II terdapat peningkatan aktivitas siswa. Untuk komponen keaktifan mengalami peningkatan sebesar 25,8%. Komponen kerjasama mengalami peningkatan sebesar 25,75%. Komponen berpendapat mengalami peningkatan sebesar 24, 25% dan komponen bertanya mengalami peningkatan sebesar 18%. Dari hasil tes yang dilakukan siswa pada siklus I dan II juga terdapat peningkatan baik secara individu maupun klasikal. Pada siklus I didapat rata-rata hasil belajar sebesar 69,37 dan ketuntasan klasikal sebasar 68,75%. Sedangkan pada siklus II didapat rata-rata hasil belajar sebesar 75,62 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,5% Penggunaan media pembelajaran permainan puzzle pada siswa kelas V SDN Sendangrejo 2 terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari keberhasilan itu media pembelajaran permaianan puzzle dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran di kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16175
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository