PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN PUZZLE PADA SISWA KELAS V SDN SENDANGREJO 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Banyak faktor yang menentukan keberhasilan proses belajar mengajar,
diantaranya yang paling dominan adalah faktor guru, siswa dan sarana
pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) peningkatan
aktivitas belajar pokok bahasan pesawat sederhana 2) Peningkatan hasil belajar
pada pokok bahasan pesawat sederhana.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sendangrejo 2 Kecamatan Bogorejo
Kab. Blora dengan jumlah siswa 16 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8
siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis
penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa aktivitas
siswa selama pembelajaran siklus I dan siklus II terdapat peningkatan aktivitas
siswa. Untuk komponen keaktifan mengalami peningkatan sebesar 25,8%.
Komponen kerjasama mengalami peningkatan sebesar 25,75%. Komponen
berpendapat mengalami peningkatan sebesar 24, 25% dan komponen bertanya
mengalami peningkatan sebesar 18%. Dari hasil tes yang dilakukan siswa pada
siklus I dan II juga terdapat peningkatan baik secara individu maupun klasikal.
Pada siklus I didapat rata-rata hasil belajar sebesar 69,37 dan ketuntasan klasikal
sebasar 68,75%. Sedangkan pada siklus II didapat rata-rata hasil belajar sebesar
75,62 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,5%
Penggunaan media pembelajaran permainan puzzle pada siswa kelas V SDN
Sendangrejo 2 terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari
keberhasilan itu media pembelajaran permaianan puzzle dapat dijadikan salah satu
alternatif bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran di kelas.