dc.description.abstract | Penerapan pembelajaran kooperatif model struktural Numbered Head
Together(NHT) berjalan dengan baik dan lancar. Siswa sangat aktif dalam
mengikuti proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas
siswa.
2. Penerapan pembelajaran kooperatif model struktural Numbered Head
Together(NHT) dinilai cukup efektiv karena pada penerapan siklus I, didapatkan
prosentase keefektivan pembelajaran sebesar 30.7% kemudian pada siklus II
didapatkan 39.68% , selain itu dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan
hasil prosentase keaktifan individu 87.99% dan keaktifan kelompok 90.625%
serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 88 dan
prosentase ketuntasan 100%
5.2 Saran
Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ada beberapa
saran yang perlu dipertimbangkan:
1. Kepada guru mata pelajaran sejarah SMP, hendaknya dapat menerapkan
Penerapan pembelajaran kooperatif model struktural Numbered Head
Together(NHT) untuk pokok bahasan yang lain.
2. Kepada pengambil kebijakan (Dinas pendidikan), hendaknya memperhatikan dan
dapat proaktif terhadap penerapan model-model pembelajaran sejarah yang aktual
3. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengadakan
penelitian sejenis dengan permasalahan yang lain | en_US |