Show simple item record

dc.contributor.authorLISDIANANINGSIH
dc.date.accessioned2014-01-17T06:59:27Z
dc.date.available2014-01-17T06:59:27Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM030210302065
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16171
dc.description.abstractPenerapan pembelajaran kooperatif model struktural Numbered Head Together(NHT) berjalan dengan baik dan lancar. Siswa sangat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa. 2. Penerapan pembelajaran kooperatif model struktural Numbered Head Together(NHT) dinilai cukup efektiv karena pada penerapan siklus I, didapatkan prosentase keefektivan pembelajaran sebesar 30.7% kemudian pada siklus II didapatkan 39.68% , selain itu dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan hasil prosentase keaktifan individu 87.99% dan keaktifan kelompok 90.625% serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 88 dan prosentase ketuntasan 100% 5.2 Saran Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ada beberapa saran yang perlu dipertimbangkan: 1. Kepada guru mata pelajaran sejarah SMP, hendaknya dapat menerapkan Penerapan pembelajaran kooperatif model struktural Numbered Head Together(NHT) untuk pokok bahasan yang lain. 2. Kepada pengambil kebijakan (Dinas pendidikan), hendaknya memperhatikan dan dapat proaktif terhadap penerapan model-model pembelajaran sejarah yang aktual 3. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian sejenis dengan permasalahan yang lainen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210302065;
dc.subjectNUMBERED HEAD TOGETHERen_US
dc.titleEFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STRUKTURAL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SEMESTER GASAL DI SMP NEGERI 1 JEMBER TAHUN PEMBELAJARAN 2006-2007en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record