PENGARUH ATRIBUT JASA TERHADAP PERILAKU SISWA PASCA PEMBELIAN JASA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI EDDY’S JEMBER TAHUN 2007
Abstract
Dalam memberikan kepuasan terhadap siswa dan memberikan pelayanan yang
prima maka EDDY’S mengoptimalkan jasa yang ditawarkan pada siswa dengan cara
menciptakan dan mengembangkan atribut jasa. Atribut jasa adalah komponen pelengkap
jasa yang merupakan bagian pendukung dari jasa itu sendiri. Bila suatu jasa memiliki
atribut yang sesuai dengan apa yang di harapkan oleh pembelinya maka jasa tersebut akan
dianggap cocok oleh siswa, sehingga pada akhirnya akan melakukan keputusan untuk
membeli.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Penentuan daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive, sedangkan penentuan
sampel menggunakan metode proportional random sampling. Sampel yang diambil
adalah sebanyak 39 siswa dari seluruh siswa yang kursus di EDDY'S Jember.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, wawancara
dan dokumentasi. Analisis inferensial yang digunakan meliputi : persamaan garis regresi
linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa variabel atribut jasa meliputi : program, fasilitas pendidikan dan lokasi secara
bersama-sama ( simultan ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku siswa
pasca pembelian.
Hasil analisis yang telah dilakukan adalah ada pengaruh yang signifikan antara
atribut jasa dengan perilaku siswa pasca pembelian. Hal ini dibuktikan dari hasil
perhitungan uji F, dimana F
hitung
(7,100) > F
( 3,2594 ) dengan signifikansi 0.001 dan
varian garis regresi sebesar 0.618 yang berarti bahwa variabel atribut jasa yang meliputi :
program, fasilitas pendidikan dan lokasi secara simultan mempengaruhi perilaku siswa
pasca pembelian sebesar 61,8 %.
Hasil analisis melalui uji t, diperoleh data bahwa
variabel program ( X
1
tabel
) mempunyai pengaruh dominan terhadap perilaku siswa pasca
pembelian. Hal ini ditujukan dengan nilai hasil uji t, yaitu : X
1
= 2,626; X
= 2,261;
X
=2,276. Selain itu juga dapat dilihat melalui proporsi sumbangan dari masing-masing
variabel, yaitu : X
3
1
= 28,83%; X
2
= 16,82 %; X
=.16,17 %.
Hasil pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel atribut jasa terdiri
3
atas: program, fasilitas pendidikan dan lokasi mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap perilaku siswa pasca pembelian jasa pendidikan bahasa Inggris di EDDY'S
Jember tahun 2007. Besarnya atribut jasa yang terdiri atas : program ( X
), fasilitas
pendidikan (X
2
) dan lokasi (X
) adalah sebesar 61,8 % sedangkan sisanya sebesar 32,8 %
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ikut diteliti pada penelitian ini. Variabel
tersebut diantaranya faktor lingkungan. Variabel yang dominan berpengaruh adalah
variabel atribut jasa yaitu: program ( X
3
1
), dengan t
sebesar 2,626 dan kontribusi
pengaruhnya sebesar 28,83 %.