ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. KERETA API (PERSERO) DAOP IX JEMBER
Abstract
enelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap
Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Pada PT. Kereta Api (Persero) DAOP IX
Jember” bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung lingkungan kerja dan
kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Kereta Api (Persero) DAOP IX
Jember dan untuk mengetahui pengaruh tidak langsung lingkungan kerja melalui
kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Kereta Api (Persero) DAOP IX
Jember. Populasi dalam penelitian ini bertindak pula sebagai sampel, oleh karena itu
penelitian ini disebut penelitian populasi/sensus. Sampel yang diambil seluruh
karyawan pada PT. Kereta Api (Persero) DAOP IX Jember sebanyak 80 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey dengan jenis
penelitian penjelasan (explanatory research). Tehnik analisis data yang digunakan
untuk menguji pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent adalah
tehnik analisis statistik inferensial yaitu analisis jalur (path analysis). Variabel
independent dalam penelitian ini adalah lingkungan kerja (X) yang terdiri atas
pelayanan karyawan (X
1
), kondisi kerja (X
vii
2
) dan hubungan antar karyawan (X
),
variabel dependent adalah kinerja karyawan dan sebagai variabel intervening adalah
kepuasan kerja (Z).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa lingkungan kerja (X)
mempunyai pengaruh baik langsung maupun tidak langsung terhadap kepuasan kerja
(Z) dan kinerja karyawan (Y). Pelayanan karyawan (X
) berpengaruh langsung secara
signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai β = 0,341 dan signifikan =
0,008. Kondisi kerja (X
2
1
) berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja
karyawan (Y) dengan nilai
β = 0,295 dan signifikan = 0,021. Hubungan antar
karyawan (X
) berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja karyawan (Y)
dengan nilai β = 0,294 dan signifikan = 0,004. Kepuasan kerja (Z) berpengaruh
signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai β = 0,254 dan signifikan =
0,006.
Pelayanan karyawan (X
3
1
) secara tidak langsung melalui kepuasan kerja (Z)
terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai
β = 0,096. Kondisi kerja (X2) secara
tidak langsung melalui kepuasan kerja (Z) terhadap kinerja karyawan (Y) dengan
nilai β = 0,080. Hubungan antar karyawan (X3) secara tidak langsung melalui
kepuasan kerja (Z) terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai
β = 0,066.