PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP JUMLAH KUNJUNGAN DI PUSKESMAS PORONG DAN WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2005
Abstract
Mutu merupakan faktor dasar yang mempengaruhi pilihan konsumen untuk
berbagai jenis jasa yang berkembang pesat dewasa ini, termasuk jasa pelayanan
kesehatan. Mutu pelayanan yang baik akan menciptakan image yang baik (penilaian
positif) terhadap Puskesmas. Konsumen yang telah mempunyai penilaian positif akan
cenderung mempunyai loyalitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
sejauh mana mutu pelayanan berpengaruh terhadap jumlah kunjungan ke Puskesmas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei, dilakukan di wilayah kerja
Puskesmas Porong dan Puskesmas Wonoayu Kabupaten Sidoarjo pada bulan juli
tahun 2005, dengan menggunakan teknik total sampel sebanyak 472 responden.
Variabel independent dari penelitian ini adalah mutu pelayanan Puskesmas,
sedangkan sebagai variabel dependent adalah kunjungan ke Puskesmas.
Dari hasil penelitian yang diolah dengan uji regresi linear sederhana
menunjukkan adanya pengaruh mutu pelayanan terhadap kunjungan ke Puskesmas
pada Puskesmas Wonoayu adalah sebesar 9.6%, dan pengaruh lebih kecil pada
Puskesmas Porong yaitu 6.6%. Dari hasil uji t sampel bebas menunjukkan perbedaan
yang bermakna pada mutu pelayanan Puskesmas antara Puskesmas Porong dan
Puskesmas Wonoayu Kabupaten sidoarjo tahun 2005.
Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
adanya pengaruh mutu pelayanan terhadap kunjungan ke Puskesmas pada Puskesmas
Porong dan Puskesmas Wonoayu Kabupaten Sidoarjo tahun 2005.
Collections
- UT-Faculty of Medical [1487]