dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen
berdasarkan kualitas pelayanan yang terdiri dari lima dimensi kualitas jasa yang
terdiri dari dimensi bukti fisik (tangible), daya tanggap (reability), keandalan
(responsiveness), empati (empathy) dan jaminan (assurance), untuk mengetahui
kesesuaian antara Importance, Expectation dan Performance yang terdiri dari
lima dimensi kualitas jasa dan mengetahui kuadran pelayanan dari kinerja yang
telah diberikan oleh Kusuma Agro Wisata di Batu Malang.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan mengambil obyek penelitian kepada para pengunjung Kusuma
Agro Wisata Batu Malang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh
melalui kuisioner yang diberikan kepada responden. Penelitian ini menggunakan
metode pengambilan sampel menggunakan tehnik metode Purposive sampling.
Metode ini dilakukan dengan mengambil orang-orang yang terpilih betul oleh
peneliti menurut ciri-ciri khusus yang dimiliki sampel itu. Analisis data yang
digunakan antara lain uji insturmen validitas dan reliabilitas, metode analisis
Customer Satisfaction, Analisis Performance–Importance dan Diagram Kartesius.
Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terdapat gap antara kinerja
pelayanan (performance) dengan harapan konsumen (expectation) yang
menunjukkan kepuasan konsumen jasa Kusuma Agro Wisata Batu Malang. Adanya
kesesuaian antara penyajian kinerja pelayanan Kusuma Agro Wisata dengan
tingkat kepentingan pengunjung. Selain itu, diketahui tingkat kepentingan
pengunjung Kusuma Agro Wisata secara berurutan ditempati oleh dimensi bukti
fisik (tangible), daya tanggap (reability), keandalan (responsiveness), empati
(empathy) dan jaminan (assurance) pada tempat terbawah. Posisi dimensi dalam
kuadran pelayanan melalui analisis pada diagram kartesius menunjukkan letak titik
koordinat setiap dimensi pelayanan berada pada kuadran B dengan kriteria
pertahankan prestasi kecuali pada dimensi jaminan (assurance) berada prioritas
rendah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja Kusuma Agro
Wisata Batu Malang sudah sesuai dengan harapan konsumen serta adanya
kesesuaian antara kinerja pelayanan Kusuma Agro Wisata dengan tingkat
kepentingan pengunjung. | en_US |