dc.description.abstract | Belajar mengajar sesungguhnya dapat dicapai melalui proses yang bersifat
aktif. Pada bidang pendidikan, aktivitas adalah hal yang mutlak dibutuhkan. Tanpa
melakukan aktivitas maka pembelajaran dapat dikatakan tidak ada atau nol. Aktivitas
merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia, dengan beraktivitas manusia
dapat menemukan hal-hal baru serta dapat meningkatkan menjelajahi pikiran untuk
menemukan ide, pemikiran dan sebagainya.
Mengeksplore pikiran bisa berarti
memutar otak, kemampuan - kemampuan fisik (otot, otak) dan kemampuan psikis
maupun jiwa atau rohani manusia.
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar
siswa kelas XC semester ganjil SMA Negeri 2 Tanggul tahun pelajaran 2010/2011.
Metode penentuan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive yaitu SMA
Negeri 2 Tanggul semester ganjil, tahun pelajaran 2010/2011, sedangkan metode
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi..
Analisis data yang digunakan adalah analisis data hasil tes, analisis data observasi
dan analisis data wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model TTW dapat
meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XC SMA Negeri 2 Tanggul
pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan Permintaan dan Penawaran di Pasar
semester ganjil tahun pelajaran 2010-2011. Peningkatan aktivitas belajar tersebut
dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh sebelum adanya tindakan sebesar 1,37 kemudian pada siklus I mendapat skor rata-rata 2,03 dan pada siklus II
mendapat skor rata-rata 2,41. Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari
kriteria cukup menjadi baik. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang
dibuktikan
dengan nilai rata-rata 80, 97 dan pencapaian ketuntasan 90,6%. | en_US |